LISTIANI, ERINDA (2025) PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-2 TAHUN DI PMB ESTUTI REMANJUNG NGLIPAR. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.
Text (Cover)
AWAL.pdf Download (858kB) |
Text
BAB I.pdf Download (364kB) |
Text
BAB II.pdf Download (493kB) |
Text
BAB III.pdf Download (478kB) |
Text
BAB IV.pdf Download (382kB) |
Text
BAB V.pdf Download (272kB) |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-2 TAHUN DI PMB ESTUTI REMANJUNG NGLIPAR Erinda Listiani1, Yuliantisari Retnaningsih2, Sujiyatini3 1,2,3Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman email: erindalistiani@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang: Periode usia 0–2 tahun merupakan masa krusial bagi perkembangan anak yang membutuhkan stimulasi optimal. Ibu sebagai pengasuh utama memiliki peran penting dalam memberikan stimulasi tersebut. Namun, masih banyak ibu yang belum memiliki pengetahuan yang memadai. Media video dinilai sebagai metode edukasi yang lebih efektif dan menarik dibanding metode tradisional. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media video terhadap pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-2 tahun di PMB Estuti Remanjung Nglipar. Metode: Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan pendekatan pretest posttest with control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2025. Populasi pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 0-2 tahun yang merupakan pasien di PMB Estuti Remanjung Nglipar. Pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan total sampel 136 ibu. Penelitian dilakukan dengan intervensi berupa edukasi dengan media video pada kelompok esperimen dan edukasi dengan media leaflet pada kelompok kontrol. Analisis data menggunakan Uji paired t-test. Hasil: Pengetahuan ibu pada kelompok eksperimen yang diberi intervensi berupa edukasi dengan media video memiliki nilai signifikansi 0,000 (p-value< 0,05) sedangkan pada kelompok kontrol dengan intervensi edukasi menggunakan media leaflet memiliki nilai signifikansi 0,485 (p-value> 0,05) yang artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Artinya, media video berpengaruh terhadap pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-2 tahun. Kesimpulan: Terdapat pengaruh edukasi mengunakan media video terhadap perubahan pengetahuan ibu. Kata Kunci: edukasi, media video, pengetahuan, stimulasi perkembangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | edukasi, media video, pengetahuan, stimulasi perkembangan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:50 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/20741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |