Deviana Saputri, Sindy (2025) Hubungan Kekurangan Energi Kronis (KEK) dengan Prestasi Belajar Remaja Putri di SMP N 1 Banguntapan Bantul. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.
Text (cover)
Awal.pdf.pdf Download (636kB) |
Text (abstract)
Abstract.pdf.pdf Download (205kB) |
Text
Chapter 1.pdf.pdf Download (203kB) |
Text
Chapter 2.pdf.pdf Download (371kB) |
Text
Chapter 3.pdf.pdf Download (316kB) |
Text
Chapter 4.pdf.pdf Download (226kB) |
Text
Conclusion.pdf.pdf Download (130kB) |
Text
Reference.pdf.pdf Download (142kB) |
Text
Appendices.pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
HUBUNGAN KEKUANGAN ENERGI KRONIA (KEK) DAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN Sindy Deviana Saputri1, Dyah Noviawati Setya Arum2 Yuliantisari Retnaningsih3 123Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl.Mangkuyudan MJ III/304 Yogyakarta Email: sindydevianasaputri@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang: Remaja putri merupakan kelompok yang rentan terhadap permasalahan gizi, salah satunya adalah Kekurangan Energi Kronis (KEK). KEK dapat memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan kognitif, termasuk konsentrasi dan daya ingat yang berdampak pada prestasi belajar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kekurangan Energi Kronis (KEK) dengan prestasi belajar pada remaja putri di SMP N 1 Banguntapan, Bantul. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 100 siswi kelas VII dipilih menggunakan teknik random sampling. Data status gizi diukur menggunakan Lingkar Lengan Atas (LILA), dan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi nilai rapor semester ganjil. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat signifikansi p < 0,05. Hasil: Sebanyak 36% responden mengalami KEK dan 64% tidak KEK. Sebanyak 68% responden memiliki prestasi belajar tinggi, dan 32% memiliki prestasi belajar rendah. Hasil uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara status KEK dan prestasi belajar (p = 0,000). Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara Kekurangan Energi Kronis (KEK) dengan prestasi belajar remaja putri. Siswi dengan status gizi baik (tidak KEK) cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi. Penting untuk meningkatkan kesadaran gizi dan pemantauan status gizi remaja untuk mendukung pencapaian akademik. Kata Kunci: Kekurangan Energi Kronis, Prestasi Belajar, Remaja Putri, Status Gizi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Kekurangan Energi Kronis, Prestasi Belajar, Remaja Putri, Status Gizi |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:11 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:11 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/20707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |