Nisa', Siti Khoirun (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TENTANG PENILAIAN STATUS GIZI. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Awal)
1. Awal.pdf Download (2MB) |
Text (Abstract)
2. Abstract.pdf Download (193kB) |
Text (Chapter 1)
3. Chapter 1.pdf Download (246kB) |
Text (Chapter 2)
4. Chapter 2.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) Request a copy |
Text (Chapter 3)
5. Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) Request a copy |
Text (Chapter 4)
6. Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) Request a copy |
Text (Conclusion)
7. Conclusion.pdf Download (221kB) |
Text (References)
8. References.pdf Download (220kB) |
Text (Appendices)
9. Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) Request a copy |
Text (Skripsi)
SITI KHOIRUN NISA'_P07131221038.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) Request a copy |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Remaja merupakan kelompok yang rentan terhadap masalah gizi. Data hasil pengukuran yang dilakukan oleh Puskesmas Temon I, menunjukkan bahwa dari 200 siswa yang diukur, didapatkan prevalensi siswa yang memiliki status gizi buruk 5,80%; gizi kurang 8,70%; gizi lebih sebesar 13,53%; dan obesitas sebesar 6,76%. Pengetahuan dan keterampilan diperlukan dalam menilai status gizi untuk membantu mencegah masalah gizi lebih maupun gizi kurang sejak dini. Tujuan: Mengetahui efektivitas penggunaan video dan power point terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang penilaian status gizi. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan rancangan Pre-Post Test With Control Group. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2025 di SMP Negeri 1 Temon dan SMP Negeri 2 Temon dengan masing-masing jumlah sampel 32 orang. Setiap kelompok dilakukan pre-test kemudian diberikan penyuluhan gizi menggunakan video pada kelompok perlakuan dan power point pada kelompok kontrol, lalu dilakukan post-test. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan dan keterampilan. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk dan dilanjutkan analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan terdapat kenaikan rata-rata skor pengetahuan 33,88 (p = 0,0001) pada kelompok perlakuan dan kenaikan rata-rata skor sebesar 31,22 (p = 0,0001) pada kelompok kontrol. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat kenaikan rata-rata skor keterampilan 46,66 (p = 0,0001) pada kelompok perlakuan dan kenaikan rata-rata skor sebesar 45,69 (p = 0,0001) pada kelompok kontrol. Perbandingan rata-rata peningkatan pengetahuan antara media video dan power point diperoleh p-value 0,008, sedangkan perbandingan rata-rata peningkatan keterampilan antara video dan power point diperoleh p-value 0,399. Kesimpulan: Video lebih efektif dibandingkan power point dalam meningkatkan pengetahuan, sedangkan video dan power point memiliki efektivitas yang sama dalam meningkatkan keterampilan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang penilaian status gizi. Kata Kunci: video, power point, pengetahuan, keterampilan, siswa SMP, penilaian status gizi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Video, Power Point, Pengetahuan, Keterampilan, Siswa SMP, Penilaian Status Gizi |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:05 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:05 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |