Aisyah, Lathifah Nuur (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERSEPSI SISWA KELAS XI DAN GURU SMA NEGERI 1 GAMPING TENTANG REGULASI KONTRASEPSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Awal)
AWAL.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Chapter 1)
CHAPTER 1.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (Chapter 2)
CHAPTER 2.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text (Chapter 3)
CHAPTER 3.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text (Chapter 4)
CHAPTER 4.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text (Conclusion)
CONCLUSION.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (References)
REFERENCES.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (Appendices)
APPENDICES.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Peraturan pemerintah Nomor 28 Tahun 2024 mengatur penyediaan alat kontrasepsi dan edukasi kesehatan reproduksi di sekolah untuk menurunkan kehamilan remaja. Namun, peraturan ini belum diimplementasikan karena belum ada peraturan daerah yang diedarkan. Tingginya angka kehamilan remaja yang tidak direncanakan mewujudkan perlunya pemahaman lebih lanjut terhadap isu ini. Perbedaan persepsi mengenai isu ini menarik peneliti untuk menggali lebih dalam. Tujuan: Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi persepsi siswa kelas XI dan guru SMA Negeri 1 Gamping tentang regulasi kontrasepsi di lingkungan sekolah. Metode: Penelitian observasional analitik cross-sectional dengan 144 siswa kelas XI dan 28 guru dari SMA Negeri 1 Gamping menggunakan total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis dengan metode uji chi-square dan regresi logistik biner. Hasil: Terdapat hubungan signifikan faktor-faktor dengan persepsi. Pada siswa kelas XI, faktor yang berhubungan signifikan tingkat pengetahuan, teman sebaya, media sosial, sosial budaya (p < 0.001). Pada guru, faktor yang berhubungan signifikan tingkat pengetahuan (p < 0.001), media sosial (p = 0.010), sosial budaya (p = 0.025), dengan faktor dominan sosial budaya pada siswa kelas XI dan tingkat pengetahuan pada guru. Kesimpulan: Mayoritas persepsi positif siswa kelas XI dan guru berhubungan signifikan dengan tingkat pengetahuan, teman sebaya, media sosial, sosial budaya, dengan sosial budaya dominan pada siswa kelas XI dan tingkat pengetahuan dominan pada guru. Kata Kunci: Persepsi, regulasi kontrasepsi, siswa, guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Persepsi, regulasi kontrasepsi, siswa, guru |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:55 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:55 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |