Nugraheni, Desy (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK PRA SEKOLAH TK RETNONINGRUM DI KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.
![]() |
Text (AWAL)
Awal.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text (chapter 3)
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
Text (Conclusion)
Conclusion.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (Refrences)
References.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (Appendices)
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kemandirian anak prasekolah merupakan aspek perkembangan penting yang harus ditumbuhkan sejak usia dini. Salah satu faktor utama yang memengaruhi tingkat kemandirian anak adalah pola asuh orang tua. Pola asuh yang tepat akan membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak prasekolah di TK Retnoningrum Kabupaten Sleman. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel terdiri dari 90 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ) untuk pola asuh dan Functional Independence Measure for Children (WeeFIM) untuk kemandirian. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil: Mayoritas orang tua menerapkan pola asuh demokratis (82,2%), sebagian besar anak berada pada kategori kemandirian penuh (62,2%). Hasil analisis chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan kemandirian anak (p = 0,000). Kesimpulan: Pola asuh orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kemandirian anak prasekolah. Pola asuh demokratis menjadi pendekatan yang paling mendukung perkembangan kemandirian anak. Hasil ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi orang tua dan guru dalam membentuk pola asuh yang optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Parenting style, Independence, Preschool Children. |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:58 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:58 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |