EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA INFOGRAFIS POLA MAKAN REMAJA (PMR) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Dian Windayati (2020) EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA INFOGRAFIS POLA MAKAN REMAJA (PMR) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (338kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (689kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (278kB)
[img] Text
8. References.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (2018) dengan status gizi kurus (16,7%), dan status gizi gemuk (16,2%). Pedoman pola makan sehat di Indonesia yaitu Pedoman Gizi Seimbang. Sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyadarkan masyarakat dibidang gizi seperti meningkatkan pendidikan gizi dengan media. Media edukasi gizi yang dapat digunakan yaitu media infografis, karena bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan media infografis Pola Makan Remaja (PMR) terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian pretest posttest with control group design pada mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Jumlah sampel sebanyak 30 mahasiswa untuk masing-masing kelompok. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan media infografis dan leaflet. Analisis data menggunakan Paired Sampel T-Test, Independent Sampel T-Test, dan Mann Whitney. Hasil Penelitian: Terdapat perbedaan rerata skor posttest pengetahuan antara kedua kelompok (p=0,019). Terdapat perbedaan rerata skor posttest sikap yang signifikan antara kedua kelompok (p=0,43). Terdapat perbedaan yang signifikan selisih skor rerata pengetahuan gizi seimbang pada kelompok eksperimen dengan kontrol (p=0,007). Tidak ada perbedaan yang signifikan selisih skor rerata sikap gizi seimbang pada kelompok eksperimen dengan kontrol (p=0,451). Kesimpulan: Terdapat pengaruh edukasi gizi dengan media infografis dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap mahasiswa. Media infografis lebih efektif dibandingkan dengan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang, sedangkan antara media infografis dan leaflet memiliki tingkat efektifitas yang sama terhadap peningkatan sikap gizi seimbang mahasiswa. Kata kunci: infografis, pengetahuan, sikap, gizi seimbang

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:00
Last Modified: 23 Sep 2021 06:48
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item