SITEPU, MITRA TRI MUTIA BR (2025) PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARANG GIGI DAN STATUS OHI-S PADA ANAK SD. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

Text
AWAL.pdf

Download (474kB)
Text
abstract.pdf

Download (121kB)
Text
Chapter 1.pdf

Download (92kB)
Text
Chapter 2.pdf

Download (157kB)
Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
Text
Conclusion.pdf

Download (38kB)
Text
References.pdf

Download (174kB)
Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Text
MITRA TRI MUTIA BR SITEPU_P71252324046_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Survei Kesehatan Indonesia (2023) menunjukkan 56,9% penduduk usia ≥3 tahun mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut, di mana karang gigi sebagai masalah utama dapat mempengaruhi status OHI-S, sehingga diperlukan promosi kesehatan dengan media flashcard yang sederhana, menarik, dan mudah dipahami anak sekolah dasar. Tujuan: Diketahuinya pengaruh promosi flashcard terhadap pengetahuan tentang karang gigi dan status OHI-S pada anak SD. Metode: Penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest with Control Group Design. Populasi studi penelitian ini adalah siswa/i SD Negeri Tegalrejo 2 berjumlah 335 siswa dengan sampel berjumlah 80 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2025 Pengumpulan data menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney. Hasil: Hasil uji Wilcoxon pengetahuan tentang karang gigi dan status OHI-S pada kelompok eskperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai signifikan 0,00<0,05, sehingga terdapat perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Hasil uji Mann – whitney pengetahuan tentang karang gigi memiliki signifikasi 0,00<0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada tingkat pengetahuan dengan rata-rata peningkatan pengetahuan kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol yaitu 54,33>26,68. Hasil uji Mann – whitney status OHI-S menunjukkan nilai signifikasi 0,236>0,05, sehingga tidak ada pengaruh penyuluhan menggunakan flashcard maupun metode ceramah. Kesimpulan: Promosi menggunakan media flashcard dapat meningkatkan pengetahuan karang gigi dan menurunkan status OHI-S pada anak sekolah dasar. Kata Kunci: Flashcard, Karang Gigi, Status OHI-S, Anak SD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Kata Kunci/Keyword Abstrak: Flashcard, Karang Gigi, Status OHI-S, Anak SD
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 17 Dec 2025 07:26
Last Modified: 17 Dec 2025 07:26
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/21470

Actions (login required)

View Item View Item