SITEPU, MITRA TRI MUTIA BR (2025) PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARANG GIGI DAN STATUS OHI-S PADA ANAK SD. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.
|
Text
AWAL.pdf Download (474kB) |
|
Text
abstract.pdf Download (121kB) |
|
Text
Chapter 1.pdf Download (92kB) |
|
Text
Chapter 2.pdf Download (157kB) |
|
Text
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
Text
Conclusion.pdf Download (38kB) |
|
Text
References.pdf Download (174kB) |
|
Text
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
MITRA TRI MUTIA BR SITEPU_P71252324046_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Survei Kesehatan Indonesia (2023) menunjukkan 56,9% penduduk usia ≥3 tahun mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut, di mana karang gigi sebagai masalah utama dapat mempengaruhi status OHI-S, sehingga diperlukan promosi kesehatan dengan media flashcard yang sederhana, menarik, dan mudah dipahami anak sekolah dasar. Tujuan: Diketahuinya pengaruh promosi flashcard terhadap pengetahuan tentang karang gigi dan status OHI-S pada anak SD. Metode: Penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest with Control Group Design. Populasi studi penelitian ini adalah siswa/i SD Negeri Tegalrejo 2 berjumlah 335 siswa dengan sampel berjumlah 80 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2025 Pengumpulan data menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney. Hasil: Hasil uji Wilcoxon pengetahuan tentang karang gigi dan status OHI-S pada kelompok eskperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai signifikan 0,00<0,05, sehingga terdapat perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Hasil uji Mann – whitney pengetahuan tentang karang gigi memiliki signifikasi 0,00<0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada tingkat pengetahuan dengan rata-rata peningkatan pengetahuan kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol yaitu 54,33>26,68. Hasil uji Mann – whitney status OHI-S menunjukkan nilai signifikasi 0,236>0,05, sehingga tidak ada pengaruh penyuluhan menggunakan flashcard maupun metode ceramah. Kesimpulan: Promosi menggunakan media flashcard dapat meningkatkan pengetahuan karang gigi dan menurunkan status OHI-S pada anak sekolah dasar. Kata Kunci: Flashcard, Karang Gigi, Status OHI-S, Anak SD
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Flashcard, Karang Gigi, Status OHI-S, Anak SD |
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
| Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
| Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 07:26 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 07:26 |
| URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/21470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
