Putri, Amanda Elditra (2025) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TIDAK LAYAK KLAIM BERKAS BPJS KESEHATAN PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DI RSUD NYI AGENG SERANG KULON PROGO TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Cover)
COVER.pdf Download (193kB) |
Text (Awal)
AWAL.pdf Download (604kB) |
Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf Download (262kB) |
Text (Chapter 1)
CHAPTER 1.pdf Download (307kB) |
Text (Chapter 2)
CHAPTER 2.pdf Download (343kB) |
Text (Chapter 3)
CHAPTER 3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
Text (Chapter 4)
CHAPTER 4.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
Text (Conclusion)
CONCLUSION.pdf Download (191kB) |
Text (References)
REFERENCES.pdf Download (230kB) |
Text (Appendices)
APPENDICES.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pelaksanaan klaim BPJS Kesehatan pada pelayanan rawat jalan di RSUD Nyi Ageng Serang setiap bulannya masih terdapat berkas yang tidak layak klaim. Berkas BPJS yang tidak layak klaim pada pelayanan rawat jalan bulan Januari-September 2024 di RSUD Nyi Ageng Serang sebanyak 485 berkas. Penyebab tidak layak klaim karena faktor administrasi kepesertaan, administrasi pelayanan dan pelayanan kesehatan. Tujuan: Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab tidak layak klaim berkas BPJS Kesehatan pada pelayanan rawat jalan di RSUD Nyi Ageng Serang tahun 2024. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh berkas BPJS Kesehatan yang tidak layak klaim pada pelayanan rawat jalan bulan Januari-Desember 2024 di RSUD Nyi Ageng Serang. Sampel dengan jumlah 249 berkas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap berkas klaim yang tidak layak dan wawancarauntuk mengetahui alur klaim dan tindak lanjut terhadap berkas yang tidak layak klaim. Hasil: Faktor penyebab tidak layak klaim berkas BPJS Kesehatan di RSUD Nyi Ageng Serang tahun 2024 yang disebabkan karena ketidaksesuaian administrasi kepesertaan sebanyak 24 berkas (9,64 %), ketidaksesuaian administrasi pelayanan sebanyak 1 berkas (0,40%), dan ketidaksesuaian pelayanan kesehatan sebanyak 224 berkas (89,96%). Kesimpulan: Pelaksanaan klaim BPJS Kesehatan di RSUD Nyi Ageng Serang belum memiliki SOP. Tindak lanjut terhadap berkas klaim yang tidak layak karena faktor administrasi dapat langsung diperbaiki dan diajukan kembali. Berkas yang tidak layak karena faktor pelayanan kesehatan akan dikonfirmasi dengan dokter terkait. Penyebab tidak layak klaim terbanyak di RSUD Nyi Ageng Serang karena faktor pelayanan kesehatan, faktor administrasi kepesertaan, dan faktor administrasi pelayanan. Kata kunci: Klaim Tidak Layak, BPJS Kesehatan, Rawat Jalan, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Karya Tulis |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:24 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 06:24 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |