Nabila, Thibna (2025) EFEKTIVITAS PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN MULUT DAN INDEKS PLAK PENGGUNA ORTODONTI CEKAT. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
Awal .pdf Download (753kB) |
Text
Abstract.pdf Download (197kB) |
Text
CHAPTHER 1.pdf Download (245kB) |
Text
CHAPTER 2.pdf Download (437kB) |
Text
CHAPTER 3...pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) Request a copy |
Text
CHAPTER 4...pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) Request a copy |
Text
CONCLUSION.pdf Download (159kB) |
Text
REFERENCES.pdf Download (199kB) |
Text
APPENDICES...pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Pengguna alat ortodonti cekat seringkali tidak menyadari resiko terkait kebersihan mulut. Alat ini memudahkan penumpukan sisa makanan dan sulit dibersihkan, berpotensi menyebabkan penumpukan plak. Promosi kesehatan menggunakan media yang menarik seperti video dapat meningkatkan pengetahuan dan perilaku. Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pengguna ortodonti cekat masih memiliki tingkat kebersihan yang buruk ditandani dengan skor plak yang buruk. Tujuan Penelitian : Diketahuinya efektivitas promosi menggunakan media video terhadap pengetahuan pemeliharaan kebersihan mulut dan indeks plak pengguna ortodonti cekat. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest with control group yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2025 dengan jumlah populasi 94 responden Mahasiswa pengguna ortodonti cekat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Penelitian dilakukan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jurusan Kesehatan Gigi. Teknik Pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan purposive sampling dengan melakukan pemeriksaan indeks plak dan pemberian kuesioner. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann-whitney. Hasil : Pengetahuan pengguna ortodoonti cekat sebelum diberikan promosi menggunakan media video terbanyak dengan kriteria cukup 57,5 % dan setelah promosi menjadi kriteria baik 90%. Indeks plak pengguna ortodonti cekat sebelum promosi menggunakan media video terbanyak dengan kriteria buruk 67,5% dan setelah promosi menjadi kriteria baik 60%. Uji wilcoxon menghasilkan p=0,000. Uji mann-whitney menghasilkan p=0,000 sehingga ada pengaruh signifikan. Kesimpulan : Promosi menggunakan media video efektif terhadap peningkatan pengetahuan pemeliharaan kebersihan mulut dan indeks plak pengguna ortodonti cekat. Kata Kunci : Kebersihan mulut, ortodonti cekat, plak, pengetahuan, pemeliharaan, video.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Kata Kunci : Kebersihan mulut, ortodonti cekat, plak, pengetahuan, pemeliharaan, video. |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:59 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:59 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/20343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |