Mainnah, Muth (2025) PENGARUH POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN DALAM MELAKUKAN SADARI PADA REMAJA PUTRI KELAS X DI SMA NEGERI 1 GALUR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
![]() |
Text (SKRIPSI)
P71242324120_MUTH MAINNAH .pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text (Chapter 1)
BAB I.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text (Chapter 2)
BAB II.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text (Chapter 3)
BAB III.pdf Download (544kB) |
![]() |
Text (Chapter 4)
BAB IV.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text (Chapter 5)
BAB V.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
PENGARUH POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN DALAM MELAKUKAN SADARI PADA REMAJA PUTRI KELAS X DI SMA NEGERI 1 GALUR Muth Mainnah1, Idi Setiyobroto2, Yuliasti Eka Purnamaningrum3 1,2,3 Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Mangkuyudan MJ III/304, Mantrijeron, Kota Yogyakarta Email: innahmuthma801@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang: Kanker payudara tetap menjadi ancaman utama bagi perempuan, tidak hanya pada usia lanjut, tetapi juga pada remaja putri, bahkan ditemukan pada usia 14 tahun. 1 dari 8 wanita akan terdiagnosa kanker payudara. Rendahnya tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan terkait skrining kanker payudara di kalangan remaja putri menjadikan kelompok ini rentan terhadap keterlambatan deteksi. SADARI merupakan metode deteksi dini yang dapat dilakukan secara mandiri dan gratis, dengan 75–85% kasus ditemukan oleh penderita sendiri. Edukasi melalui media interaktif seperti Powerpoint interaktif dinilai lebih efektif membantu remaja memahami cara melakukan SADARI. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Powerpoint interaktif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan remaja putri dalam melakukan SADARI. Metode: Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan rancangan pre-posttest with control group design. Populasi penelitian ini adalah remaja putri kelas X SMA Negeri 1 Galur dan remaja putri kelas X SMA Negeri 1 Lendah yang berjumlah 193 siswi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kriteria inklusi: (1) Bersedia menjadi responden (2) Sehat jasmani dan rohani (3) Sudah mengalami haid (4) Memiliki HP android/ios. Instrumen penelitian pengetahuan dan sikap SADARI menggunakan kuesioner dan ceklist untuk tindakan melakukan SADARI. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired t-test. Hasil: Rata-rata umur responden dalam penelitian ini adalah 16 tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000) dan tindakan (p=0,000) pada kelompok yang diberikan media Powerpoint interaktif dibandingkan dengan kelompok leaflet. Kesimpulan: Media Powerpoint interkatif terbukti lebih berpengaruh dibanding leaflet dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan dalam melakukan SADARI. Kata Kunci: Pengetahuan, Powerpoint interaktif, remaja putri SADARI, sikap, tindakan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Pengetahuan, powerpoint interaktif, remaja putri, SADARI, sikap, tindakan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:29 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:29 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |