Inayah, Tresna Rahmah (2025) TINGKAT KEPUASAN PENGGUNAAN SIMPUS DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PUSKESMAS MANTRIJERON YOGYAKARTA TAHUN 2025. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Awal)
Awal.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text (chapter 4)
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Conclusion)
Conclusion.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
References.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Appendices)
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Keberhasilan sistem informasi salah satunya dapat dilihat dari tingkat kepuasan pengguna. Penggunaan SIMPUS di Puskesmas Mantrijeron telah digunakan sejak tahun 2012 dan diperbarui pada tahun 2022 seiring dengan regulasi penerapan RME. Namun, sistem masih memiliki keterbatasan, seperti belum tersedianya menu analisis kelengkapan rekam medis, yang dapat mempengaruhi kepuasan berdasarkan aspek isi (content). Selain itu, sistem juga sering mengalami kendala koneksi jaringan, yang menyebabkan data tidak terkirim antar perangkat dan mengganggu proses penginputan data, sehingga proses pelayanan menjadi terhambat. Kondisi tersebut mempengaruhi kepuasan dalam aspek ketepatan waktu (timeliness). Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan penggunaan SIMPUS dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Di Puskesmas Mantrijeron Yogyakarta Tahun 2025. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Mantrijeron pada bulan April 2025. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden sebanyak 41 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama dan wawancara sebagai instrumen pendukung. Data diolah dengan menggunakan aplikasi excel dengan menghitung nilai mean atau rata-rata dari hasil jawaban responden berdasarkan aspek metode EUCS. Hasil: Tingkat kepuasan penggunaan SIMPUS berdasarkan aspek isi diperoleh nilai sebesar 14,61, pada aspek keakuratan sebesar 14,71, pada aspek tampilan sebesar 15,00, pada aspek kemudahan penggunaan sebesar 14,61, dan pada aspek ketepatan waktu sebesar 14,83. Tingkat kepuasan pengguna SIMPUS secara keseluruhan menyatakan puas sebesar 73,76. Kesimpulan: Tingkat kepuasan penggunaan SIMPUS menunjukan hasil dalam kategori puas. Kata Kunci: Kepuasan pengguna, Sistem Informasi Manajemen Puskesmas, Metode EUCS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Kepuasan pengguna, Sistem Informasi Manajemen Puskesmas, Metode EUCS |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:48 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19389 |
Available Versions of this Item
-
TINGKAT KEPUASAN PENGGUNAAN SIMPUS DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PUSKESMAS MANTRIJERON YOGYAKARTA TAHUN 2025. (deposited UNSPECIFIED)
- TINGKAT KEPUASAN PENGGUNAAN SIMPUS DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PUSKESMAS MANTRIJERON YOGYAKARTA TAHUN 2025. (deposited 10 Jul 2025 07:48) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |