Kurniawati, Alifiana (2022) PENGGUNAAN WAYANG SEBAGAI ALAT PERAGA PENYULUHAN TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU GIZI ANAK TAMAN KANAK-KANAK. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
Awal.pdf Download (4MB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (297kB) |
|
Text
Chapter1.pdf Download (315kB) |
|
Text
Chapter2.pdf Download (390kB) |
|
Text
Chapter3.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
Text
Chapter4.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text
Conclusion.pdf Download (182kB) |
|
Text
References.pdf Download (301kB) |
|
Text
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
ALIFIANA KURNIAWATI (P07131218028), IRIANTON ARITONANG (4026056201), NUR HIDAYAT (4002046803).pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
Abstract
Latar Belakang: Usia prasekolah (3-6 tahun) merupakan usia yang penting dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, hingga pembentukan perilaku hidup sehat. Upaya meningkatkan kesadaran anak untuk berperilaku hidup sehat dengan konsumsi gizi yang seimbang dapat dilakukan dengan promosi maupun penyuluhan gizi melalui bentuk Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) bagi anak-anak dan keluarganya. Penyuluhan gizi dapat disampaikan menggunakan media pembelajaran, dalam penelitian ini media atau alat peraga yang digunakan berupa wayang dengan materi gizi seimbang dengan media leaflet sebagai kontrol. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan wayang sebagai alat peraga penyuluhan terhadap sikap dan perilaku gizi anak taman kanak-kanak. Metode: Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan rancangan penelitian pretest posttest with control group. Subjek penelitian ini berjumlah 34 anak TK B dari TK RA Masyithoh Pranti dan TK ABA Soka, yang dilakukan pada bulan Januari - Februari 2022. Hasil: Rerata skor sikap dan perilaku gizi kelompok perlakuan dan kontrol mengalami peningkatan dan hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan yang bermakna (p 0,0001) setelah penyuluhan. Rerata peningkatan skor sikap dan perilaku gizi kelompok wayang lebih tinggi dari leaflet dan analisis statistik menunjukkan skor sikap memiliki perbedaan yang bermakna (p 0,038) sedangkan skor perilaku tidak memiliki perbedaan yang bermakna (p 0,119). Kesimpulan: Ada pengaruh yang bermakna penggunaan wayang sebagai alat peraga penyuluhan terhadap sikap dan perilaku gizi anak taman kanak-kanak. Kata Kunci : wayang, sikap, perilaku, gizi, anak taman kanak-kanak
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 05:03 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 05:56 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/8249 |
Actions (login required)
View Item |