Perbedaan Efektivitas Metode Peer Education Dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri SMP Dalam Pencegahan Masalah Anemia

Alisha Fauzia (2021) Perbedaan Efektivitas Metode Peer Education Dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri SMP Dalam Pencegahan Masalah Anemia. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (881kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Chapter I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Chapter II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Chapter III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
Chapter IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (315kB)
[img] Text
References.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Edukasi gizi merupakan salah satu metode untuk mencegah anemia pada remaja putri. Diperlukan metode pembelajaran yang tepat dalam penyampaian edukasi gizi. Metode peer education memiliki manfaat yaitu dapat membantu meningkatkan kesadaran, memberikan informasi yang akurat dan membantu teman sebayanya mengembangkan keterampilan untuk mengubah perilaku. Selain metode peer education ada jenis metode pembelajaran lain yang murah, mudah dan fleksibel yaitu metode ceramah Tujuan : Mengetahui Perbedaan Efektivitas Metode Peer Education Dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Dalam Pencegahan Masalah Anemia. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental dengan desain pre test-post test with control group. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-April 2021. Sampel pada penelitian ini adalah 39 siswi kelas MTS Miftahunnajah dan 39 siswi kelas VII SMP Sains Al-Quran. Analisis data menggunakan uji Man Whitney, uji independent T-test, uji Wilcoxon dan uji paired sample T-test. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap perubahan nilai pengetahuan remaja putri SMP terhadap pencegahan masalah anemia pada kelompok metode ceramah dan kelompok metode peer education dengan nilai P=0,881 (P>0,005), tetapi ada perbedaan yang signifikan terhadap perubahan nilai sikap remaja putri SMP terhadap pencegahan masalah anemia pada kelompok metode Ceramah dan kelompok metode peer education) dengan nilai P=0,007 (P>0,005). Kesimpulan : Metode peer education tidak lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri SMP dan metode peer education lebih efektif dalam meningkatkan sikap remaja putri SMP dalam pencegahan masalah anemia daripada metode ceramah. Kata Kunci : metode peer education, metode ceramah, pengetahuan, sikap, pencegahan masalah anemia remaja putri.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 04 Nov 2021 09:07
Last Modified: 04 Nov 2021 09:07
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item