EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI DAN LEAFLET DALAM PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Dila Erisa Rahmadewi (2020) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI DAN LEAFLET DALAM PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (973kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (414kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (215kB)
[img] Text
8. References.pdf

Download (342kB)
[img] Text
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Badan Pengawasan Obat dan Makanan mencatat Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan di lembaga pendidikan tertinggi terjadi di sekolah dasar sebanyak 16 kejadian (28,57%). Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan anak tentang memilih jajanan adalah dengan penyuluhan gizi melalui media. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah video animasi dan leaflet dengan materi tips memilih jajanan sehat dan bergizi. Tujuan: Mengetahui efektivitas media video animasi dan leaflet sebagai media peningkatan pengetahuan tentang pemilihan makanan jajanan pada siswa sekolah dasar. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experiment ddengan rancangan penelitian pretest-posttest with control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas lima sebanyak 45 orang. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan pada kelompok video animasi dan kelompok leaflet berdasarkan nilai pretest dan posttest dengan analisis data uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil: terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media video animasi (p = 0,000), terdapat perbedaan pengetahaun yang signifikan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media leaflet (p = 0,003). Tidak terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan sebelum diberikan penyuluhan (p = 0,382). Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan sesudah diberikan penyuluhan (p = 0,026). Perubahan tingkat pengetahuan responden dari kategori kurang menjadi baik sebesar 38,9% pada kelompok video animasi, sedangkan kelompok leaflet 22,2%. Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan media video animasi dan leaflet. Media video animasi dan leaflet sama sama efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Efektivitas, Video Animasi, Leaflet, Pengetahuan

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:01
Last Modified: 23 Sep 2021 06:48
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item View Item