Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita

Tasya, Era Fachrunnisa (2024) Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (72kB)
[img] Text
References.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
Skripsi Tasya Era Fachrunnisa_P07125323026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, di Indonesia masalah pada gingiva menduduki urutan kedua sebesar 96,58%, dan prevalensi gingivitis sebesar 74%. Anak tunagrahita memiliki kebersihan gigi dan mulut buruk sebesar 62,6%. Edukasi kesehatan gigi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis salah satunya menggunakan media dental story sticker. Tujuan : Diketahuinya pengaruh media dental story sticker terhadap pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Metode : Jenis penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan Pretest Postest With Control Group. Penelitian dilaksanakan bulan Juli – Agustus 2024. Populasi penelitian seluruh anak tunagrahita di SLB N 1 Bantul, dengan sampel 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 80%. Perilaku pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori kurang 70% dan sesudahnya menjadi kategori baik 93,3%. Pengetahuan pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 63,3%. Perilaku pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi yaitu kategori kurang 76,7% dan sesudahnya menjadi kategori baik 83,3%. Hasil uji Wilcoxon pada variabel pengetahuan diperoleh nilai p =0,000 dan variabel perilaku p= 0,000. Kesimpulan : Media dental story sticker berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:18
Last Modified: 17 Dec 2024 03:18
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/18229

Actions (login required)

View Item View Item