Tasya, Era Fachrunnisa (2024) Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
Awal.pdf Download (240kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (76kB) |
|
Text
Chapter 1.pdf Download (93kB) |
|
Text
Chapter 2.pdf Download (163kB) |
|
Text
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
Text
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
Text
Conclusion.pdf Download (72kB) |
|
Text
References.pdf Download (143kB) |
|
Text
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text
Skripsi Tasya Era Fachrunnisa_P07125323026.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
Abstract
Latar Belakang : Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, di Indonesia masalah pada gingiva menduduki urutan kedua sebesar 96,58%, dan prevalensi gingivitis sebesar 74%. Anak tunagrahita memiliki kebersihan gigi dan mulut buruk sebesar 62,6%. Edukasi kesehatan gigi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis salah satunya menggunakan media dental story sticker. Tujuan : Diketahuinya pengaruh media dental story sticker terhadap pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Metode : Jenis penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan Pretest Postest With Control Group. Penelitian dilaksanakan bulan Juli – Agustus 2024. Populasi penelitian seluruh anak tunagrahita di SLB N 1 Bantul, dengan sampel 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 80%. Perilaku pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori kurang 70% dan sesudahnya menjadi kategori baik 93,3%. Pengetahuan pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 63,3%. Perilaku pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi yaitu kategori kurang 76,7% dan sesudahnya menjadi kategori baik 83,3%. Hasil uji Wilcoxon pada variabel pengetahuan diperoleh nilai p =0,000 dan variabel perilaku p= 0,000. Kesimpulan : Media dental story sticker berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis. |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:18 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 03:18 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/18229 |
Actions (login required)
View Item |