Tasya, Era Fachrunnisa (2024) Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (72kB)
[img] Text
References.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
Skripsi Tasya Era Fachrunnisa_P07125323026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, di Indonesia masalah pada gingiva menduduki urutan kedua sebesar 96,58%, dan prevalensi gingivitis sebesar 74%. Anak tunagrahita memiliki kebersihan gigi dan mulut buruk sebesar 62,6%. Edukasi kesehatan gigi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis salah satunya menggunakan media dental story sticker. Tujuan : Diketahuinya pengaruh media dental story sticker terhadap pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Metode : Jenis penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan Pretest Postest With Control Group. Penelitian dilaksanakan bulan Juli – Agustus 2024. Populasi penelitian seluruh anak tunagrahita di SLB N 1 Bantul, dengan sampel 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 80%. Perilaku pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori kurang 70% dan sesudahnya menjadi kategori baik 93,3%. Pengetahuan pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 63,3%. Perilaku pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi yaitu kategori kurang 76,7% dan sesudahnya menjadi kategori baik 83,3%. Hasil uji Wilcoxon pada variabel pengetahuan diperoleh nilai p =0,000 dan variabel perilaku p= 0,000. Kesimpulan : Media dental story sticker berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:18
Last Modified: 17 Dec 2024 03:18
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/18229

Actions (login required)

View Item View Item