Tasya, Era Fachrunnisa (2024) Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
| Text Awal.pdf Download (240kB) | 
| Text Abstract.pdf Download (76kB) | 
| Text Chapter 1.pdf Download (93kB) | 
| Text Chapter 2.pdf Download (163kB) | 
| Text Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | 
| Text Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | 
| Text Conclusion.pdf Download (72kB) | 
| Text References.pdf Download (143kB) | 
| Text Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | 
| Text Skripsi Tasya Era Fachrunnisa_P07125323026.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) | 
Abstract
Latar Belakang : Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, di Indonesia masalah pada gingiva menduduki urutan kedua sebesar 96,58%, dan prevalensi gingivitis sebesar 74%. Anak tunagrahita memiliki kebersihan gigi dan mulut buruk sebesar 62,6%. Edukasi kesehatan gigi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis salah satunya menggunakan media dental story sticker. Tujuan : Diketahuinya pengaruh media dental story sticker terhadap pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Metode : Jenis penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan Pretest Postest With Control Group. Penelitian dilaksanakan bulan Juli – Agustus 2024. Populasi penelitian seluruh anak tunagrahita di SLB N 1 Bantul, dengan sampel 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 80%. Perilaku pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori kurang 70% dan sesudahnya menjadi kategori baik 93,3%. Pengetahuan pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 63,3%. Perilaku pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi yaitu kategori kurang 76,7% dan sesudahnya menjadi kategori baik 83,3%. Hasil uji Wilcoxon pada variabel pengetahuan diperoleh nilai p =0,000 dan variabel perilaku p= 0,000. Kesimpulan : Media dental story sticker berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis. | 
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | 
| Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi | 
| Depositing User: | Users 30 not found. | 
| Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:18 | 
| Last Modified: | 17 Dec 2024 03:18 | 
| URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/18229 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
