PENGARUH MEDIA BERBASIS WEB MICES (MILENIAL CEGAH STUNTING) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG STUNTING PADA SISWA MAN 3 NGAWI

Meliandini, Dela (2024) PENGARUH MEDIA BERBASIS WEB MICES (MILENIAL CEGAH STUNTING) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG STUNTING PADA SISWA MAN 3 NGAWI. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
1. AWAL (COVER).pdf

Download (841kB)
[img] Text (Abstrak)
2. ABSTRACT.pdf

Download (351kB)
[img] Text (Chapter 1)
3. CHAPTER 1.pdf

Download (358kB)
[img] Text (Chapter 2)
4. CHAPTER 2.pdf

Download (264kB)
[img] Text (Chapter 3)
5. CHAPTER 3.pdf

Download (529kB)
[img] Text (Chapter 4)
6. CHAPTER 4.pdf

Download (656kB)
[img] Text (Kesimpulan)
7. CONCLUSION.pdf

Download (215kB)
[img] Text (Referensi)
8. REFERENCES.pdf

Download (456kB)
[img] Text (Lampiran)
9. APPENDICES.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi)
10. SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH MEDIA BERBASIS WEB MICES (MILENIAL CEGAH STUNTING) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG STUNTING PADA SISWA MAN 3 NGAWI Dela Meliandini1, Tri Siswati2, Almira Sitasari2 1,2,3Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman email : delameliandini1@gmail.com, tri.siswati@poltekkesjogja.ac.id, almira.sita@poltekkesjogja.ac.id ABSTRAK Latar Belakang: Stunting merupakan ancaman serius yang membutuhkan penanganan yang tepat dan harus segera diatasi. Pendidikan gizi melalui media merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang stunting pada siswa. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh media berbasis website terhadap pengetahuan dan sikap tentang stunting pada siswa Madrasah Aliyah. Metode: Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian pre test and post test with control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI dan dilaksanakan di MAN 3 Ngawi dan MAN 4 Ngawi pada tahun 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan proportional random sampling. Sampel minimal dalam penelitian ini yaitu 38 siswa pada setiap kelompok intervensi. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan uji Independent T-Test untuk mengetahui perbedaan. Analisis data untuk mengetahui pengaruh menggunakan metode Wilcoxon dan uji Paired Sample T-test. Hasil: . Hasil menunjukkan adanya pengaruh intervensi menggunakan media website dan media facebook terhadap peningkatan rata-rata pengetahuan siswa (p<0,05). Terdapat perbedaan pengetahuan siswa tentang stunting setelah diberikan intervensi (p<0,05). Hasil sikap menunjukkan terdapat pengaruh terhadap peningkatan rata-rata sikap dengan media website p=0,000 (p<0,05). Terdapat penurunan rata-rata sikap pada kelompok dengan media facebook p=0,644 (p>0,05). Tidak terdapat perbedaan sikap tentang p=0,187 (p>0,05). Kesimpulan: Kedua media dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan. Namun, diketahui bahwa media web Mices lebih efektif untuk meningkatkan sikap dibandingkan media facebook. Kata Kunci: Website, Stunting, Pengetahuan, Sikap, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:45
Last Modified: 05 Nov 2024 02:45
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16562

Actions (login required)

View Item View Item