Pengaruh Pemberian Teh Daun Murbei (Morus alba L.) dengan Penambahan Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) terhadap Kadar Kolesterol Darah pada Penderita Obesitas

Hartanto, Aulia Damayanti (2023) Pengaruh Pemberian Teh Daun Murbei (Morus alba L.) dengan Penambahan Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) terhadap Kadar Kolesterol Darah pada Penderita Obesitas. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

[img] Text
1. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (13kB)
[img] Text
3. CHAPTER 1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
4. CHAPTER 2.pdf

Download (443kB)
[img] Text
5. CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
6. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
7. CONCLUSION.pdf

Download (6kB)
[img] Text
8. REFERENCES.pdf

Download (136kB)
[img] Text
9. APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TEH DAUN MURBEI (MORUS ALBA L.) DENGAN PENAMBAHAN KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANNI) TERHADAP KADAR KOLETEROL DARAH PADA PENDERITA OBESITAS Aulia Damayanti Hartanto1, Nur Hidayat2, Rini Wuri Astuti3 1,2,3Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Tatabumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email: auliadh13@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang: Angka obesitas di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya di Indonesia. Penderita obesitas dapat terjadi gangguan regulasi lemak yang berakibat terhadap peningkatkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan flavonoid dari daun murbei dan kayu manis mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tujuan Penelitian: Mengetahui apakah ada pengaruh pemberian teh daun murbei (morus alba l.) dengan penambahan kayu manis(cinnamomum burmanni) terhadap kadar kolesterol pada penderita obesitas. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan rancangan non equivalent control group desain dengan 2 kelompok intervensi. Pada kelompok perlakuan dan kontrol masing-masing sebanyak 19 sampel. Sampel berusia >18 tahun dengan status gizi obesitas. Intervensi diberikan selama 7 hari, pengukuran kadar kolesterol dilakukan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan easytouch GCU. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan Uji Sample Paired T-Test. Hasil Penelitian: Pada kelompok perlakuan, rata-rata kadar kolesterol darah sebelum intervensi yaitu 237,37 mg/dL dan sesudah intervensi yaitu 212,58 mg/dL. Adapun pada kelompok kontrol, rata-rata kadar kolesterol darah sebelum intervensi yaitu 220,74 mg/dL dan sesudah intervensi yaitu 213,74 mg/dL. Tidak ada perbedaan perubahan signifikan pada kelompok perlakuan sebelum dan sesudah intervensi (p=0,37). Kesimpulan: Tidak ada perbedaan kadar kolesterol darah sebelum dan sesudah pemberian teh daun murbei dengan penambahan kayu manis. Kata kunci: Flavonoid, teh, dan kolesterol darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: User 2020
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:01
Last Modified: 01 Nov 2023 03:01
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item View Item