EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PENYULUHAN GIZI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI SMA DI WILAYAH SLEMAN

Safitri, Evita Dwi (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PENYULUHAN GIZI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI SMA DI WILAYAH SLEMAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (537kB)
[img] Text (ABSTRACT)
Abstract.pdf

Download (52kB)
[img] Text (CHAPTER 1)
Chapter 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text (CHAPTER 2)
Chapter 2.pdf

Download (177kB)
[img] Text (CHAPTER 3)
Chapter 3.pdf

Download (223kB)
[img] Text (CHAPTER 4)
Chapter 4.pdf

Download (188kB)
[img] Text (CONCLUSION)
Conclusion.pdf

Download (113kB)
[img] Text (REFERENCES)
References.pdf

Download (179kB)
[img] Text (APPENDICES)
Appendices.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://polkekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan asupan zat besi dalam tubuh yang sangat berperan dalam membentuk hemoglobin. Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap anemia. Tujuan: Mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi dalam penyuluhan gizi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang anemia pada remaja putri SMA di wilayah Sleman. Metode: Penelitian ini adalah quasy experiment dengan menggunakan pretest and posttest with control group design. Subjek penelitian adalah siswa remaja putri kelas XI Mipa sebanyak 30 siswa. Variabel yang diletiti adalah pengetahuan dan sikap pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan skor pretes dan posttest dengan analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test. Hasil: Terjadi kenaikan skor pengetahuan siswa remaja putri setelah diberikan penyuluhan gizi pada kelompok eksperimen sebesar 25,22 dan kelompok kontrol sebesar 20. Demikian pula terjadi kenaikan skor sikap siswa remaja putri setelah diberikan penyuluhan gizi pada kelompok eksperimen sebesar 15,94 dan kelompok kontrol sebesar 8,8. Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (p<0,005) peningkatan pengetahuan dan sikap siswa remaja putri. Kesimpulan: Media video animasi lebih efektif dibandingkan media leaflet dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang anemia pada siswa remaja putri. Media tersebut dapat diterapkan untuk penggunaan media pada kegiatan penyuluhan atau konseling di sekolah Kata Kunci: Siswa remaja putri, Video animasi, Leaflet, Pengetahuan, Sikap

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:35
Last Modified: 25 Jan 2024 02:35
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item View Item