Ulfa, Bernata (2025) PENGARUH APLIKASI HYPERTEC SEBAGAI MEDIA EDUKASI HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KALASAN. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Cover)
Cover dan Halaman Judul.pdf Download (196kB) |
Text (Awal)
Awal.pdf Download (1MB) |
Text (Chapter)
Chapter 1.pdf Download (243kB) |
Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
Text (Coclusion)
Conclusion.pdf Download (227kB) |
Text (References)
References.pdf Download (192kB) |
Text (Appendices)
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Hipertensi merupakan salah satu penyakit mematikan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia, Hipertensi menimbulkan dampak yang serius pada kualitas hidup saat penyakit ini tidak ditangani sejak awal. Sehingga perlu upaya pencegahan dalam mengatasi hipertensi. Pencegahan yang dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hipertensi, Pemberian edukasi menjadi salah satu pencegahan dalam mengatasi kasus ini. Media edukasi aplikasi hypertec merupakan solusi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman hipertensi yang diberikan kepada masyarakat dalam mencegah penyakit hipertensi. Tujuan : Mengetahui pengaruh aplikasi hypertec sebagai media edukasi hipertensi terhadap tingkat pengetahuan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kalasan. Metode : Penelitian quasy experimental design dengan penelitian pretest-posttest with control group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari 2025. Populasi penelitian sebanyak 70 masyarakat usia dewasa. Kelompok eksperimen mengunakan Aplikasi Hypertec dan kelompok kontrol menggunakan media leaflet Data dianalisis menggunakan Independet t-test untuk melihat perbedaan pretest dan posttest pada tingkat pengetahuan dari kelompok eksperimen dan kontrol dengan taraf signifikan p <0,05. Hasil : : Setelah menggunakan Aplikasi Hypertec, nilai signifikansi post test tingkat pengetahuan hipertensi pada kedua kelompok yaitu (p=0.000) Kesimpulan : Media edukasi aplikasi maupun leaflet sama-sama mampu meningkatkan pengetahuan akan tetapi pengaruh penggunaan Aplikasi Hypertec menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang lebih tinggi pada pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol yang menggunakan media leaflet. Kata Kunci : Aplikasi Hypertec; Edukasi Kesehatan; Hipertensi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Aplikasi Hypertec; Edukasi Kesehatan; Hipertensi. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:17 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:17 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |