Simbolon, Solohedela Viarosa Br (2025) HUBUNGAN ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR REMAJA PUTRI KELAS VIII DI SMP N 12 YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Awal.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTACT.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Chapter 1.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
Chapter 2.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Text (Kesimpulan)
Conlusion.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text (Referensi)
References.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
HUBUNGAN ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR REMAJA PUTRI KELAS VIII DI SMP N 12 YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA Solohedela Viarosa Br Simbolon1, Sumarah2, Dyah Noviawati Setya Arum3 123Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Tata Bumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email : simbolondela72@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang : Anemia merupakan masalah gizi yang banyak terjadi pada remaja putri dan berdampak terhadap berbagai aspek, termasuk kemampuan belajar. Rendahnya kadar hemoglobin menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke otak, sehingga mengganggu fungsi kognitif seperti konsentrasi, daya ingat, dan pemrosesan informasi. Hal ini dapat menurunkan prestasi belajar siswa. SMP Negeri 12 Yogyakarta dipilih sebagai lokasi penelitian karena memiliki jumlah siswi kelas VIII yang cukup representative dan terletak di Tengah kota, sehingga relevan untuk dianalisis dalam konteks kesehatan dan pendidikan remaja. Tujuan : Mengetahui hubungan antara anemia dengan prestasi belajar remaja putri kelas VIII di SMP N 12 Yogyakarta. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain analitik korelasional menggunakan pendekatan cross-sectional. Sampel berjumlah 107 siswi kelas VIII, diambil dengan teknik total sampling. Data diperoleh dari dokumentasi kadar hemoglobin dan nilai UAS. Analisis dilakukan dengan uji Chi-Square. Hasil : Menunjukkan bahwa 46,7% siswi mengalami anemia dan 66,4% memiliki prestasi belajar tidak tuntas. Hasil uji statistik menunjukkan hubungan yang signifikan antara anemia dengan prestasi belajar (p < 0,001). Kesimpulan : Anemia terbukti ada hubungan secara signifikan terhadap penurunan prestasi belajar remaja putri. Kata Kunci: Anemia, Prestasi Belajar, Remaja Putri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Anemia, Prestasi Belajar, Remaja Putri |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:05 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |