Rahayu, Septina Putri (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD N DEMAK IJO 1. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Awal)
Awal.pdf.pdf Download (1MB) |
Text (Abstract)
Abstract.pdf.pdf Download (574kB) |
Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf.pdf Download (540kB) |
Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
Text (Conclusion)
Conclusion.pdf.pdf Download (483kB) |
Text (References)
References.pdf.pdf Download (584kB) |
Text (Appendices)
Appendices.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh secara menyeluruh. Anak usia 6-12 tahun merupakan kelompok usia yang rentan terkena masalah kesehatan gigi dan mulut seperti karies karena pergantian gigi dan sering mengonsumsi makanan manis tanpa diimbangi kebiasaan menyikat gigi. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan mencegah kerusakan gigi dengan media pop-up book yang menarik bagi siswa. Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media pop-up book terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah di SD N Demak Ijo 1. Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain quasy experiment pre-test post-test with control group dilaksanakan bulan Februari 2025. Populasi adalah seluruh anak kelas IV di SD N Demak Ijo 1 sebanyak 56 siswa dengan teknik total sampling. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan uji Mann Whitney dengan taraf signifikan (p ≤ 0,05). Hasil: Mayoritas responden berusia 10 tahun dengan jenis kelamin perempuan. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai p value = 0.000 dan pada kelompok kontrol diperoleh p value = 0.006. Hasil uji Mann Whitney pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah intervensi diperoleh hasil p value = 0.047. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media pop-up book terdahap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah di SD N Demak Ijo 1. Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Pop-up book, Pengetahuan, Kesehatan Gigi dan Mulut
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Pop-up book, Pengetahuan, Kesehatan Gigi dan Mulut |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:59 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |