Linda Fitria, Nuraini (2025) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN TIKTOK DENGAN KESEHATAN MENTAL REMAJA DAN NILAI AKADEMIK SISWA DI SMPN 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.
![]() |
Text
Awal..pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
Chapter1.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text (chapter3)
Chapter3.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
![]() |
Text (Chapter4)
Chapter4.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text
Conclusion.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text (Appendies)
Appendies.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap gangguan kesehatan mental, terutama di era digital saat ini. Salah satu platform media sosial yang paling populer di kalangan remaja adalah TikTok. Penggunaan TikTok yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental, seperti stres dan kecemasan, serta menurunkan konsentrasi belajar yang berujung pada penurunan nilai akademik. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan TikTok dengan kesehatan mental dan nilai akademik siswa di SMPN 2 Sewon Bantul Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 87 siswa SMPN 2 Sewon yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan mencakup kuesioner intensitas penggunaan TikTok, kuesioner kesehatan mental (SRQ-20), dan data nilai akademik. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson, Chi-Square dan Regresi logistik ganda. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa siswa dengan intensitas penggunaan TikTok rendah memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami gangguan kesehatan mental dibandingkan dengan mereka yang intensitas penggunaannya tinggi (OR = 0,144; p = 0,035). Selain itu, siswa dengan intensitas penggunaan TikTok tinggi cenderung memperoleh nilai akademik yang lebih rendah. Sebaliknya, siswa dengan intensitas rendah lebih banyak yang memiliki nilai akademik tinggi (OR = 0,009; p = 0,000). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan TikTok dengan kesehatan mental dan nilai akademik siswa SMPN 2 Sewon Bantul Yogyakarta. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan metode yang lebih variatif, seperti wawancara mendalam atau observasi langsung, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif. Kata Kunci: TikTok, kesehatan mental remaja, nilai akademik, media sosial, siswa SMP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | TikTok, kesehatan mental remaja, nilai akademik, media sosial, siswa SMP |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:41 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:41 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |