Niken Anggi Larasati, Niken Anggi Larasati (2021) PERBEDAAN EFEKTIVITAS ANTARA MEDIA FLASHCARD DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA ANAK USIA 10 - 12 TAHUN. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
![]() |
Text
Awal.pdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
Chapter 1.pdf.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
Chapter 2.pdf.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
Chapter 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Chapter 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Conclusion.pdf.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
References.pdf.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
Appendices.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
NIKEN ANGGI LARASATI_P07125217015.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang: Masalah kesehatan gigi yang paling sering terjadi pada anak-anak adalah karies gigi. Anak-anak sekolah sangat memerlukan bimbingan dan pembinaan khusus dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan usia anak sekolah sedang mengalami proses tumbuh kembang, dengan keadaan gigi sebelumnya tentu akan sangat berpengaruh pada perkembangan gigi dewasa. Media yang diperlukan untuk dilakukannya penyuluhan yaitu media yang dapat memudahkan anak usia dini dalam proses belajar. Tujuan: Mengetahui adanya perbedaan efektivitas antara media flashcard dan media booklet terhadap peningkatan pengetahuan tentang karies gigi pada anak usia 10 - 12 tahun. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan cara quasi experiment dengan menggunakan rancangan control group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada pada bulan Maret 2021. Populasi studi penelitian ini adalah anak usia 10-12 tahun di Dukuh Sribit, Kahuman, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Sampel berjumlah 40 anak. Sebanyak 20 anak masuk dalam kelompok flashcard dan 20 anak masuk dalam kelompok booklet Analisis data menggunakan paired t-test dan independent sample t-test. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan skor pada kelompok flashcard sebesar 5,45 dan pada kelompok booklet sebesar 4,90. Analisis statistik uji paired ttest menunjukan p=0,000 (< 0,05) yang artinya terdapat perbedaan pada tingkat pengetahuan sesudah penyuluhan pada kedua kelompok. Hasil uji beda tingkat pengetahuan antara kelompok flashcard dengan kelompok booklet menggunakan independent sample t-test menunjukan p=0,961 (> 0,05) yang artinya tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara kelompok flashcard dengan kelompok booklet. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan efektivitas dalam penggunaan media flashcard dengan media booklet dalam meningkatkan pengetahuan tentang karies gigi pada anak usia 10-12 tahun. Kata kunci: media flashcard, media booklet, pengetahuan, karies gigi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:39 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:39 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/15240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |