Niken Anggi Larasati, Niken Anggi Larasati (2021) PERBEDAAN EFEKTIVITAS ANTARA MEDIA FLASHCARD DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA ANAK USIA 10 - 12 TAHUN. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
Conclusion.pdf.pdf

Download (170kB)
[img] Text
References.pdf.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Appendices.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
NIKEN ANGGI LARASATI_P07125217015.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar belakang: Masalah kesehatan gigi yang paling sering terjadi pada anak-anak adalah karies gigi. Anak-anak sekolah sangat memerlukan bimbingan dan pembinaan khusus dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan usia anak sekolah sedang mengalami proses tumbuh kembang, dengan keadaan gigi sebelumnya tentu akan sangat berpengaruh pada perkembangan gigi dewasa. Media yang diperlukan untuk dilakukannya penyuluhan yaitu media yang dapat memudahkan anak usia dini dalam proses belajar. Tujuan: Mengetahui adanya perbedaan efektivitas antara media flashcard dan media booklet terhadap peningkatan pengetahuan tentang karies gigi pada anak usia 10 - 12 tahun. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan cara quasi experiment dengan menggunakan rancangan control group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada pada bulan Maret 2021. Populasi studi penelitian ini adalah anak usia 10-12 tahun di Dukuh Sribit, Kahuman, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Sampel berjumlah 40 anak. Sebanyak 20 anak masuk dalam kelompok flashcard dan 20 anak masuk dalam kelompok booklet Analisis data menggunakan paired t-test dan independent sample t-test. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan skor pada kelompok flashcard sebesar 5,45 dan pada kelompok booklet sebesar 4,90. Analisis statistik uji paired ttest menunjukan p=0,000 (< 0,05) yang artinya terdapat perbedaan pada tingkat pengetahuan sesudah penyuluhan pada kedua kelompok. Hasil uji beda tingkat pengetahuan antara kelompok flashcard dengan kelompok booklet menggunakan independent sample t-test menunjukan p=0,961 (> 0,05) yang artinya tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara kelompok flashcard dengan kelompok booklet. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan efektivitas dalam penggunaan media flashcard dengan media booklet dalam meningkatkan pengetahuan tentang karies gigi pada anak usia 10-12 tahun. Kata kunci: media flashcard, media booklet, pengetahuan, karies gigi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:39
Last Modified: 25 Jun 2025 02:39
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/15240

Actions (login required)

View Item View Item