JATI, YOGA PRAMANDA (2025) PENERAPAN METODE TEACH-BACK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Text (AWAL)
AWAL.pdf

Download (2MB)
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB)
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (511kB)
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (905kB)
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
Text (KTI YOGA PRAMANDA JATI)
KTI FULL TEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Text (NASPUB YOGA PRAMANDA JATI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Pasien yang menjalani hemodialisis dengan defisit pengetahuan terkait terapi. Kurangnya pemahaman mengenai konsep dasar hemodialisis dapat berdampak pada kualitas hidup pasien. Metode teach-back merupakan strategi edukasi interaktif yang memungkinkan evaluasi pemahaman pasien secara langsung melalui pengulangan informasi dengan kata-kata mereka sendiri. Tujuan: Menerapkan metode teach-back untuk meningkatkan pengetahuan pasien yang menjalani hemodialisis melalui pendekatan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosis, intervensi, implementasi, dan evaluasi. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus deskriptif pada dua pasien hemodialisis di Rumah Sakit Umum Daerah Sleman. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta edukasi kesehatan menggunakan media leaflet dengan pendekatan teach-back. Proses keperawatan dilakukan mulai dari pengkajian, penetapan diagnosis, perencanaan intervensi, implementasi, hingga evaluasi. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan edukasi kesehatan dengan pendekatan metode teach-back selama 1 kali pertemuan didapatkan hasil tingkat pengetahuan kedua pasien meningkat Kesimpulan: Penerapan metode teach-back terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan kedua pasien hemodialisis. Kata Kunci: hemodialisis, teach-back, pengetahuan, asuhan keperawatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Kata Kunci/Keyword Abstrak: hemodialisis, teach-back, pengetahuan, asuhan keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:21
Last Modified: 10 Sep 2025 02:21
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/21184

Actions (login required)

View Item View Item