MARDIANA, SAFIRA (2025) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MANTRIJERON TAHUN 2025. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
Text
ABSTRACK.pdf

Download (259kB)
Text
CHAPTER 1.pdf

Download (274kB)
Text
CHAPTER 2.pdf

Download (285kB)
Text
CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) Request a copy
Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) Request a copy
Text
CONCLUSION.pdf

Download (215kB)
Text
REFERENCES.pdf

Download (240kB)
Text
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan indikator utama dalam menilai kualitas pelayanan di Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama. Dalam penelitian ini, kepuasan pasien diukur menggunakan lima dimensi pelayanan yaitu tangible, responsiveness, empathy, assurance, dan reliability. Penilaian kepuasan pasien penting dilakukan karena dapat memberikan gambaran sejauh mana pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapan pasien. Tujuan: Mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS terhadap pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Mantrijeron. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2025. Subjek penelitian adalah pasien rawat jalan dengan status kependudukan BPJS sejumlah 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan accidental sampling. Hasil: Hasil penelitian menujukkkan bahwa kepuasan pasien BPJS terhadap pendaftaran rawat jalan pada dimensi tangible (fisik) dengan persentase puas sebesar 58%, dimensi responsiveness (daya tanggap) dengan persentase puas sebesar 60%, dimensi empathy (empati) dengan persentase puas sebesar 47%, dimensi assurance (jaminan) dengan persentase puas sebesar 50% dan dimensi reability (kehandalan) dengan persentase puas sebesar 59%. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, instansi perlu memastikan standar penampilan fisik tetap terjaga, memulai pelayanan pendaftaran tepat waktu dengan prosedur yang jelas serta sistem antrian yang transparan, menerapkan sikap ramah secara konsisten, menjamin sikap adil dan profesional dari petugas, serta meningkatkan ketepatan pelayanan melalui SOP yang jelas dan pengawasan yang kuat. Kesimpulan: Kepuasan pasien BPJS terhadap pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Mantrijeron menunjukan hasil dalam predikat puas. Kata kunci: Kepuasan pasien, Pendaftaran rawat jalan, Puskesmas, BPJS

Item Type: Thesis (Diploma)
Kata Kunci/Keyword Abstrak: Kepuasan pasien, Pendaftaran rawat jalan, Puskesmas, BPJS
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:08
Last Modified: 05 Aug 2025 04:08
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/20183

Actions (login required)

View Item View Item