Claresta, Yusta Cindy (2025) PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA WEBSITE GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMP. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1_Awal.pdf

Download (834kB)
[img] Text
2_Abstract.pdf

Download (223kB)
[img] Text
3_Chapter 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
4_Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
5_Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
6_Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
7_Conclusion.pdf

Download (316kB)
[img] Text
8_References.pdf

Download (233kB)
[img] Text
9_Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Tingginya prevalensi masalah gizi pada remaja dapat menimbulkan gangguan kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang. Sekolah sebagai salah satu lingkungan belajar berperan penting dalam memberikan edukasi gizi, namun media tradisional sering kurang menarik bagi siswa. Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media Website Gizi Seimbang terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa SMP, serta membandingkan efektivitasnya dengan KIT Gizi Seimbang. Metode : Quasi‑experimental design pretest–posttest dengan kelompok kontrol. Delapan puluh siswa kelas VIII dari SMP Negeri 1 Mlati dan SMP Negeri 1 Seyegan dipilih dengan simple random sampling, dibagi menjadi kelompok perlakuan (website) dan kontrol (KIT), masing‑masing mendapat pre-test, intervensi selama tiga sesi (hari 1, 3, 5; 30 menit/sesi), lalu post-test pada hari 5. Hasil : Kedua kelompok menunjukkan peningkatan signifikan skor pengetahuan (website: 39,90→48,43; p<0,001; kontrol: 37,00→45,44; p<0,001) dan sikap (website: 48,28→52,27; p<0,001; kontrol: meningkat signifikan). Perbandingan antar‑kelompok memperlihatkan bahwa website tidak lebih unggul dalam pengetahuan, namun lebih efektif meningkatkan sikap siswa. Kesimpulan : Media website Gizi Seimbang efektif sebagai strategi edukasi interaktif: meski peningkatan pengetahuan setara dengan KIT konvensional, website terbukti berpengaruh dalam memperbaiki sikap siswa terhadap gizi seimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Kata Kunci/Keyword Abstrak: Website, KIT, Siswa SMP, Gizi Seimbang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 19 Jul 2025 05:53
Last Modified: 19 Jul 2025 05:53
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19700

Actions (login required)

View Item View Item