Claresta, Yusta Cindy (2025) PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA WEBSITE GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMP. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
![]() |
Text
1_Awal.pdf Download (834kB) |
![]() |
Text
2_Abstract.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
3_Chapter 1.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
4_Chapter 2.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5_Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6_Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7_Conclusion.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
8_References.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
9_Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Tingginya prevalensi masalah gizi pada remaja dapat menimbulkan gangguan kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang. Sekolah sebagai salah satu lingkungan belajar berperan penting dalam memberikan edukasi gizi, namun media tradisional sering kurang menarik bagi siswa. Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media Website Gizi Seimbang terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa SMP, serta membandingkan efektivitasnya dengan KIT Gizi Seimbang. Metode : Quasi‑experimental design pretest–posttest dengan kelompok kontrol. Delapan puluh siswa kelas VIII dari SMP Negeri 1 Mlati dan SMP Negeri 1 Seyegan dipilih dengan simple random sampling, dibagi menjadi kelompok perlakuan (website) dan kontrol (KIT), masing‑masing mendapat pre-test, intervensi selama tiga sesi (hari 1, 3, 5; 30 menit/sesi), lalu post-test pada hari 5. Hasil : Kedua kelompok menunjukkan peningkatan signifikan skor pengetahuan (website: 39,90→48,43; p<0,001; kontrol: 37,00→45,44; p<0,001) dan sikap (website: 48,28→52,27; p<0,001; kontrol: meningkat signifikan). Perbandingan antar‑kelompok memperlihatkan bahwa website tidak lebih unggul dalam pengetahuan, namun lebih efektif meningkatkan sikap siswa. Kesimpulan : Media website Gizi Seimbang efektif sebagai strategi edukasi interaktif: meski peningkatan pengetahuan setara dengan KIT konvensional, website terbukti berpengaruh dalam memperbaiki sikap siswa terhadap gizi seimbang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Website, KIT, Siswa SMP, Gizi Seimbang |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 19 Jul 2025 05:53 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 05:53 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |