Rifqi Fadhilauddin, Rifqi PENGARUH EDUKASI MELALUI MESSAGE REMINDER TERHADAP DIABETES SELF MANAGEMENT SCORE PADA PENYANDANG DM TIPE 2 DI PUSKESMAS MLATI II. PENINGKATAN DIABETES SELF MANAGEMENT SCORE MELALUI INTERVENSI EDUKASI BERBASIS MESSAGE REMINDER PADA PENYANDANG DM TIPE 2 DI PUSKESMAS MLATI II.

Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) Request a copy
Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) Request a copy
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) Request a copy
Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) Request a copy
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) Request a copy
Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) Request a copy
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) tipe 2 merupakan penyakit kronis yang membutuhkan manajemen diri jangka panjang agar komplikasi dapat dicegah. Namun, banyak penyandang DM tipe 2 belum memiliki kesadaran dan keterampilan manajemen diri. Pemberian edukasi secara berkelanjutan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan manajemen diri, salah satunya melalui teknologi sederhana seperti message reminder. Tujuan: Diketahuinya pengaruh edukasi melalui message reminder untuk monitoring diabetes self management score pada penyandang DM tipe 2. Metode: Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain prepost test with control group. Teknik sampling menggunakan probabilty sampling dengan simple random sampling menggunakan spinwheel dengan jumlah 31 responden. Uji analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat berupa uji Wilcoxon dan mann whitney. Hasil: Terjadi peningkatan skor DSMQ pada kelompok intervensi yang diberikan message reminder sejumlah 31 responden dengan nilai cukup 6,5% dan baik 93,5%. Hasil penelitian menunjukkan p=0.000 (p<0.05) yang berarti ada perbedaan bermakna antara kelompok intervensi dengan message reminder terhadap kelompok kontrol yang hanya melaksanakan program prolanis. Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi melalui message reminder terhadap diabetes self management score pada penyandang DM tipe 2 di Puskesmas Mlati II Kata Kunci: Message reminder, diabetes melitus tipe 2, DSMQ, edukasi, manajemen diri

Item Type: Article
Kata Kunci/Keyword Abstrak: Kata Kunci: Message reminder, diabetes melitus tipe 2, DSMQ, edukasi, manajemen diri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:51
Last Modified: 06 Aug 2025 02:51
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19370

Actions (login required)

View Item View Item