Mufidah, Delia Ihda (2025) PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS; ANSIETAS PADA ANAK DENGAN HOSPITALISASI DI RUANG ASTER BARAT RSUP DR. SARDJITO. Tugas Akhir Ners thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
1. Awal.pdf

Download (14MB)
[img] Text (Abstract)
2. Abstract.pdf

Download (28kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (71kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
7. Chapter 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
8. Conclusion.pdf

Download (58kB)
[img] Text
9. References.pdf

Download (60kB)
[img] Text
10. Appendics.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DELIA IHDA MUFIDAH_P71203124047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Anak usia prasekolah sangat rentan mengalami kecemasan saat menjalani hospitalisasi karena keterbatasan kemampuan dalam mengelola stres, rasa takut, dan lingkungan asing. Kecemasan dapat menghambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko komplikasi. Terapi bermain puzzle merupakan salah satu metode non-farmakologis yang dapat membantu menurunkan kecemasan pada anak dengan cara menyenangkan, aman, dan sesuai perkembangan usia. Tujuan : Untuk menerapkan terapi bermain puzzle dalam pemenuhan kebutuhan psikologis; ansietas pada anak dengan hospitalisasi di ruang Aster Barat RSUP Dr. Sardjito. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada dua anak laki-laki usia 4 tahun dengan masalah keperawatan ansietas. Intervensi terapi bermain puzzle dilakukan selama 3 hari berturut-turut dengan durasi 10–15 menit per hari. Evaluasi dilakukan melalui observasi perilatku dan pengukuran tingkat kecemasan menggunakan Preschool Anxiety Scale (PAS). Hasil Penilitian : Setelah diberikan terapi bermain puzzle, kedua pasien menunjukkan penurunan tingkat kecemasan dari sedang menjadi ringan. Terdapat perubahan positif pada aspek verbal, nonverbal, dan respon fisiologis pasien, seperti ekspresi wajah ceria, peningkatan fokus saat bermain, dan penurunan perilaku regresif. Keterlibatan aktif orang tua juga berkontribusi terhadap keberhasilan intervensi. Kesimpulan : Penerapan terapi bermain puzzle efektif dalam menurunkan kecemasan hospitalisasi pada anak prasekolah. Intervensi ini dapat menjadi bagian dari praktik keperawatan anak secara rutin dengan mempertimbangkan dukungan sarana prasarana serta keterlibatan keluarga. Kata Kunci : Terapi bermain puzzle, kecemasan, anak prasekolah, hospitalisasi

Item Type: Thesis (Tugas Akhir Ners)
Kata Kunci/Keyword Abstrak: Terapi bermain puzzle, kecemasan, anak prasekolah, hospitalisasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan, Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:51
Last Modified: 14 Jul 2025 02:51
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19323

Actions (login required)

View Item View Item