Rahmawati, Siti (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas Banguntapan III. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Awal.pdf

Download (221kB)
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (46kB)
[img] Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf

Download (43kB)
[img] Text (References)
References.pdf

Download (113kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Tingkat kepuasan menjadi tolok ukur keberhasilan penerapan suatu sistem informasi. Kegagalan dalam penerapan sistem informasi akan mempengaruhi kegiatan organisasi. Puskesmas Banguntapan III baru menerapkan APM pada tahun 2023. Pengukuran tingkat kepuasan pasien pengguna APM dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) meliputi isi, tampilan, keakuratan, ketepatan waktu dan kemudahan penggunaan. Tujuan: Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pengguna APM dalam penggunaan sistem APM berdasarkan metode End User Computing Satisfaction di Puskesmas Banguntapan III. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah pasien yang menggunakan APM di Puskesmas Banguntapan III. Sampel diambil sebanyak 100 pasien dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, menggunakan skala likert untuk mengetahui pendapat responden terhadap APM, Data diolah dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kepuasan keseluruhan pasien pengguna APM pada dimensi isi (content) sebesar 3,20 (kategori Kurang Puas), dimensi tampilan (format) sebesar 2,68 (kategori Kurang Puas), dimensi keakuratan (accuracy) sebesar 3,02 (kategori Kurang Puas), dimensi ketepatan waktu (timeliness) sebesar 2,91 (kategori Kurang Puas), dan kemudahan pengguna (ease of use) sebesar 2,51 (kategori Tidak Puas). Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien pengguna APM memiliki skor rata-rata keseluruhan sebesar 2,99 dalam kategori Kurang Puas. Kata Kunci: Kepuasan pasien, Anjungan Pendaftaran Mandiri, Metode End User Computing Satisfaction, Puskesmas Banguntapan III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Kata Kunci/Keyword Abstrak: Kepuasan pasien, Anjungan Pendaftaran Mandiri, Metode End User Computing Satisfaction, Puskesmas Banguntapan III.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:44
Last Modified: 08 Jul 2025 02:44
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19161

Actions (login required)

View Item View Item