PERANCANGAN PROTOTIPE DESAIN INTERFACE SISTEM PELEPASAN INFORMASI DI UNIT SKM RSUD MUNTILAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

Nabila, Iqma (2024) PERANCANGAN PROTOTIPE DESAIN INTERFACE SISTEM PELEPASAN INFORMASI DI UNIT SKM RSUD MUNTILAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (COVER)
COVER dan HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (828kB)
[img] Text
References.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
IQMA NABILA PUTRI LESTARI_P07137121008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar belakang: SKM adalah Surat Keterangan Medis yang biasanya dibuat dan ditandatangani oleh tim medis yang berisi informasi medis pasien. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di RSUD Muntilan proses pelayanan pada pelepasan informasi di Unit SKM masih dilakukan secara manual dengan pengisian menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel berdasarkan format yang telah ada. Proses secara manual dengan menggunakan format yang telah ada akan memperlambat kegiatan pelayanan yang harus dilakukan dengan cepat dan akurat. Dalam hal ini peneliti memilih untuk merancang desain interface guna menampilkan cara pengguna berinteraksi dengan sistem, sehingga akan membantu pengguna untuk memahami cara kerja sebuah aplikasi sebelum dibuat. Tujuan: Menghasilkan perancangan desain interface Sistem Pelepasan Informasi di Unit SKM RSUD Muntilan. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini melakukan perancangan prototipe desain interface menggunakan Metode User Centered Design (UCD) untuk mendapatkan tampilan desain interface sistem pelepasan informasi di Unit SKM berdasarkan kebutuhan pengguna. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan prototipe dengan Metode User Centered Design (UCD) pada tahap pertama dimulai dengan menentukan konteks penggunaan, yaitu mengidentifikasi calon pengguna. Tahap kedua mengidentifikasi kebutuhan pengguna. Tahap ketiga menghasilkan solusi desain yang merancang prototipe antarmuka sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tahap keempat yaitu, evaluasi desain interface menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) mendapatkan skor 84,16%. Kesimpulan: Terdapat 4 tahapan dalam perancangan desain interface Sistem Pelepasan Informasi di Unit SKM RSUD Muntilan dan hal ini masih dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi. Kata Kunci: Perancangan, Prototipe, Desain Interface, Sistem Pelepasan Informasi, Surat Keterangan Medis, Metode UCD, Metode SUS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:22
Last Modified: 25 Oct 2024 06:22
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16223

Actions (login required)

View Item View Item