PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENTINGNYA KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Muftin Annisa (2022) PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENTINGNYA KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (16MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (235kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8. References.pdf

Download (112kB)
[img] Text
9. Appendics.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
MUFTIN ANNISA (P07131218052); WARYANA (4007086401); SLAMET ISKANDAR (4005017001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar belakang: Menurut Laporan Nasional Riskesdas 2018, proporsi penduduk Indo-nesia mengonsumsi buah/sayur <5 porsi, pada umur ≥5 tahun sebanyak 95.5%. Salah satu factor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi sayur dan buah pada anak-anak adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video dan leaflet sebagai me-dia edukasi gizi tentang pentingnya konsumsi sayur dan buah terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap. Metode: Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan pretest-posttest with control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI di SDN Jigudan dan SDN Gunturan. Analisa data menggunakan uji paired Sample T-test dan uji Independent T-test dengan uji alternative Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil: Ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi menggunakan media video terhadap pengetahuan dan sikap siswa. Adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan media leaflet terhadap pengetahuan siswa dan tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap sikap siswa. Tidak terdapat perbedaan penggunaan media video dan leaflet terhadap pengetahuan dan ada perbedaan penggunaan media video dan leaflet terhadap sikap. Kesimpulan: Media video pentingnya konsumsi sayur dan buah tidak lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dibandingkan dengan leaflet dan media video lebih efektif dalam meningkatkan sikap dibandingkan dengan leaflet. Kata kunci: video, leaflet, pengetahuan, sikap, sayur dan buah, anak sekolah dasar

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:53
Last Modified: 14 Jun 2022 02:53
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/8351

Actions (login required)

View Item View Item