Nabilah, Kasya (2022) PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN GIZI ISI PIRINGKU MENGGUNAKAN MEDIA EXPLOSION BOX DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
1. Cover .pdf Download (78kB) |
|
Text
2. Awal.pdf Download (643kB) |
|
Text
3. Abstract .pdf Download (20kB) |
|
Text
4. Chapter I.pdf Download (106kB) |
|
Text
5. Chapter II .pdf Download (421kB) |
|
Text
6. Chapter III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Text
7. Chapter IV.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
8. Conclusion.pdf Download (16kB) |
|
Text
9. References.pdf Download (93kB) |
|
Text
10. Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
|
Text
KASYA NABILAH (P07131218002) ; TJARONO SARI(4003026101) ; TRI SISWATI(4015037401).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI_KASYA NABILAH.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
Abstract
Latar Belakang: Salah satu faktor yang menyebabkan masalah gizi pada anak sekolah dasar yakni kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Edukasi mengenai pendidikan gizi merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan gizi dengan memberikan pendidikan gizi menggunakan media. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian media explosion box dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan anak sekolah dasar. Metode Penelitian: Penelitian ini menggungankan quasi experiment dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design/Nonrandomized pretest�posttes control group design. Intervensi yang diberikan adalah edukasi pengetahuan gizi isi piringku menggunakan media explosion box dan leaflet. Sampel penelitian kali ini siswa kelas V SD Negeri di Lhokseumawe yang dipilih secara random dengan memperhatikan strata sekolah, dengan masing masing sebanyak 40 siswa. Pengetahuan diukur menggunakan kuisioner yang akan diberikan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Data perbedaan rata-rata nilai pengetahuan di analisis menggunakan uji Paired sample T-Test. Hasil: Media explosion box meningkat 2,7 nilai probabilitas p=0,000. Sementara diketahui hasil nilai rerata pengetahuan menggunakan media leaflet meningkat 1,6 p=0,000. Kesimpulan: Media explosion box lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai gizi isi piringku dibandingkan media leaflet. Kata Kunci: anak usia sekolah dasar, pengetahuan gizi, media explosion box, media leaflet
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 05:39 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:26 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/8258 |
Actions (login required)
View Item |