PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN GIZI ISI PIRINGKU MENGGUNAKAN MEDIA EXPLOSION BOX DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR

Nabilah, Kasya (2022) PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN GIZI ISI PIRINGKU MENGGUNAKAN MEDIA EXPLOSION BOX DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Cover .pdf

Download (78kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (643kB)
[img] Text
3. Abstract .pdf

Download (20kB)
[img] Text
4. Chapter I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
5. Chapter II .pdf

Download (421kB)
[img] Text
6. Chapter III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
7. Chapter IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
8. Conclusion.pdf

Download (16kB)
[img] Text
9. References.pdf

Download (93kB)
[img] Text
10. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text
KASYA NABILAH (P07131218002) ; TJARONO SARI(4003026101) ; TRI SISWATI(4015037401).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI_KASYA NABILAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Salah satu faktor yang menyebabkan masalah gizi pada anak sekolah dasar yakni kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Edukasi mengenai pendidikan gizi merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan gizi dengan memberikan pendidikan gizi menggunakan media. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian media explosion box dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan anak sekolah dasar. Metode Penelitian: Penelitian ini menggungankan quasi experiment dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design/Nonrandomized pretest�posttes control group design. Intervensi yang diberikan adalah edukasi pengetahuan gizi isi piringku menggunakan media explosion box dan leaflet. Sampel penelitian kali ini siswa kelas V SD Negeri di Lhokseumawe yang dipilih secara random dengan memperhatikan strata sekolah, dengan masing masing sebanyak 40 siswa. Pengetahuan diukur menggunakan kuisioner yang akan diberikan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Data perbedaan rata-rata nilai pengetahuan di analisis menggunakan uji Paired sample T-Test. Hasil: Media explosion box meningkat 2,7 nilai probabilitas p=0,000. Sementara diketahui hasil nilai rerata pengetahuan menggunakan media leaflet meningkat 1,6 p=0,000. Kesimpulan: Media explosion box lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai gizi isi piringku dibandingkan media leaflet. Kata Kunci: anak usia sekolah dasar, pengetahuan gizi, media explosion box, media leaflet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 10 Jun 2022 05:39
Last Modified: 16 Oct 2024 07:26
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/8258

Actions (login required)

View Item View Item