ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN. R DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN DI SLB MA'ARIF MUNTILAN

Sarah Aisya Erdiana, SAE (2021) ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN. R DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN DI SLB MA'ARIF MUNTILAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. AWAL.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (700kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (392kB)
[img] Text
8. Reference.pdf

Download (494kB)
[img] Text
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
KTI_SARAH AISYA ERDIANA_P07120118009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

ABSTRAK ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN. R DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN DI SLB MA’ARIF MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG Latar Belakang : Gangguan pendengaran adalah keadaan dimana seseorang memiliki ketidakmampuan dalam mendengar suara. Gangguan pendengaran atau tuli yang dimiliki oleh anak dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Terapi bermain dapat dilakukan untuk memberikan pendidikan atau edukasi untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak penderita gangguan pendengaran. Tujuan : Dapat memberikan asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pendengaran di SLB Ma’arif Muntilan Metode : Desain penelitian yang digunakan yaitu dengan studi kasus, pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, responden sejumlah 1 anak. Hasil penelitian : Partisipan menderita gangguan pendengaran sejak lahir. Diagnosa keperawatan yang ditemukan adalah Gangguan tumbuh kembang berhubungan dengan efek ketidakmampuan fisik, Gangguan komunikasi verbal berhubungan dengan gangguan pendengaran, Gangguan interaksi sosial berhubungan dengan defisiensi bicara. Implementasi keperawatan yang dilakukan adalah Pendampingan orangtua dengan anak berkebutuhan khusus, Promosi perkembangan anak, Promosi komunikasi: Defisit pendengaran, Terapi Seni, Promosi Sosialisasi, Terapi Bercerita. Kesimpulan : Anak dengan gangguan pendengaran memiliki gangguan dalam perkembangan bicara dan bahasa. Stimulasi dan latihan berkesinambungan harus dilakukan untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan perkembangan. Kata Kunci : Gangguan Pendengaran, Asuhan Keperawatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 19 Jul 2021 04:50
Last Modified: 19 Jul 2021 04:50
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/6311

Actions (login required)

View Item View Item