PENGARUH MEDIA PERMAINAN FLY AND BEE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN NUTRISI DALAM PENUNJANG TUMBUH KEMBANG AGREGRAT ANAK SD N MLATI 1

Dewi, Fitriyana Puspita (2024) PENGARUH MEDIA PERMAINAN FLY AND BEE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN NUTRISI DALAM PENUNJANG TUMBUH KEMBANG AGREGRAT ANAK SD N MLATI 1. Skripsi thesis, POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA.

[img] Text (COVER DAN HALAMAN AWAL)
1. awal.pdf

Download (13MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. abstract.pdf

Download (57kB)
[img] Text (CHAPTER 1)
3. chapter 1.pdf

Download (81kB)
[img] Text (CHAPTER 2)
4. chapter 2.pdf

Download (684kB)
[img] Text (CHAPTER 3)
5. chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (CHAPTER 4)
6. chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (KESIMPULAN)
7. conclusion.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. references.pdf

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. appendics.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Anak sekolah merupakan komunitas beresiko mengalami masalah kesehatan. Tumbuh kembang anak dipengaruhi berbagai faktor salah satunya nutrisi. Kebutuhan nutrisi yang tepat adalah tidak boleh kurang atau berlebihan. Terdapat 46 dari 87 anak sekolah usia 10-13 tahun belum mengetahui tentang nutrisi dalam penunjang tumbuh kembang anak. Dengan adanya masalah tersebut, diberikannya intervensi dengan media menarik untuk memudahkan pemberian informasi nutrisi dalam penunjang penunjang tumbuh kembang anak. Tujuan Penelitian adalah mengetahui pengaruh media permainan fly and bee untuk meningkatkan pengetahuan nutrisi dalam penunjang tumbuh kembang agregrat anak SD N Mlati 1 dengan usia 10-13 tahun. Jenis penelitian adalah pre-experimental design, dengan rancangan “one-group pretest – posttest design“. Jumlah populasi 87 anak dan jumlah sampel 77 anak. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikan (p ≤ 0,05). Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada pengaruh skor pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan intervensi pertama (p=0,242) p value menunjukan tidak signifikan p ≥ 0,005 , namun ada pengaruh secara signifikan (p ≤ 0,05) peningkatan skor pengetahuan sesudah diberikan intervensi kedua dengan p=0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh sebesar 9% dan sisanya 91% yang dipengaruhi oleh variabel pengganggu pada penyuluhan kesehatan melalui media permainan fly and bee terhadap peningkatan pengetahuan tentang nutrisi dalam penunjang tumbuh kembang anak sekolah dasar kelas 4, 5, dan 6. Saran dari peneliti adalah pada penelitian selanjutnya intervensi dapat dilakukan sebanyak ≥ 2 kali intervensi dengan melibatkan keluarga sehingga adanya peningkatan pola asuh anak. Kata Kunci : komunitas anak sekolah dasar, nutrisi, permasalahan nutrisi, permainan fly and bee

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:57
Last Modified: 18 Nov 2024 02:57
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/18142

Actions (login required)

View Item View Item