Nadila, Brigita Riani (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO EDUKASI “PENTAS SENI” TERHADAP EFEKTIVITAS PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN OBESITAS PADA SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (415kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Obesitas adalah kondisi akumulasi lemak yang berlebihan dan bersifat abnormal yang dapat menggangu kesehatan. Anak-anak yang kelebihan berat badan dan obesitas cenderung tetap gemuk hingga dewasa dan lebih mungkin mengembangkan penyakit tidak menular seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular pada usia yang lebih muda. Data terbaru hasil SSGI Yogyakarta tahun 2022 Obesitas pada anak usia 5-12 tahun yaitu 10,8% gemuk dan 9,2% obesitas. Obesitas disebabkan oleh beberapa faktor yaitu genetik, lingkungan, sosial ekonomi, gaya hidup, dan pengetahuan. Kurangnya pengetahuan akan mempengaruhi kurangnya kemampuan seseorang untuk menerapkan informasi gizi dalam kehidupan sahari-hari. Untuk itu diperlukan pemberian edukasi untuk mengatasi dan mencegah terjadinya obesitas pada anak, edukasi yang baik memerlukan media yang efektif, menarik, dan mudah dipahami sehingga meningkatkan minat dan partisipasi mereka terhadap materi yang diberikan. Tujuan : Mengetahui pengaruh penggunaan video edukasi “Pentas Seni” dan Leaflet terhadap efektivitas peningkatan pengetahuan dan sikap sebagai upaya pencegahan obesitas sejak dini. Metode : Jenis penelitian ini adalah quasy experimental (eksperimen semu) dengan pretest-posttest with control group design, Hasil uji analisis yang digunakan yaitu dengan uji wilcoxon untuk mengetahui pengaruh, dan mann-whitney untuk mengetahui efektivitas media Hasil : terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p-value 0,000 yang berarti media video dan leaflet berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap pada kelompok eksperimen dan kontrol. Sedangkan pada efektivitas media didapatkan nilai p=value pengetahuan p=0,001 dan sikap p=0,000 yang berarti ada perbedaan nilai yang signifikan. dimana selisih pengetahuan dan sikap pada kelompok eksperimen lebih tinggi pada pengetahuan 0,86 dan sikap 2,76 dari kelompok kontrol. Kesimpulan : Media video pencegahan obesitas sejak dini lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang obesitas pada anak usia sekolah dasar dibandingkan media leaflet. Kata Kunci : obesitas, media leaflet, media video, pengetahuan, sikap
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | obesitas, media leaflet, media video, pengetahuan, sikap |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:40 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:40 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16610 |
Actions (login required)
View Item |