Nardini, Quina Putri (2024) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TERHADAP APLIKASI MOBILE JKN MENGGUNAKAN METODE EUCS DI PUSKESMAS KALASAN KABUPATEN SLEMAN. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Yogyakarta.
Text (Awal)
Awal.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
|
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (164kB) |
|
Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (Conclusion)
Conclusion.pdf Download (102kB) |
|
Text (References)
References.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (Appendices)
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Puskesmas Kalasan mulai menerapkan pendaftaran online menggunakan aplikasi Mobile JKN pada pertengahan tahun 2021. Pengukuran gambaran pengetahuan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN ini dilakukan menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang meliputi 5 aspek yaitu, aspek keakuratan (accuracy), aspek isi (content), aspek kemudahan pengguna (ease of use), aspek bentuk (format), dan aspek waktu (timeliness). Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Kalasan. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien pendaftaran rawat jalan berjumlah 62 pasien. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah dengan menggunakan microsoft exel. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan gambaran pengetahuan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN berdasarkan aspek keakuratan (accuracy) rata-rata pasien menjawab Tidak yaitu sebanyak 32 orang (52%), aspek isi (content) rata-rata pasien menjawab Tidak yaitu sebanyak 32 orang (52%), aspek kemudahan pengguna (ease of use) rata-rata pasien menjawab Ya yaitu sebanyak 36 orang (58%), aspek bentuk (format) rata-rata pasien menjawab Tidak yaitu sebanyak 34 orang (55%), aspek waktu (timeliness) rata-rata pasien menjawab Ya yaitu sebanyak 37 orang (60%). Kesimpulan: Gambaran pengetahuan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN menunjukkan bahwa rata-rata pasien di Puskesmas Kalasan sudah mengetahui aplikasi pendaftaran online menggunakan Mobile JKN. Kata Kunci: Pengetahuan pasien, aplikasi Mobile JKN, metode EUCS.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 03:18 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 03:18 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/16588 |
Actions (login required)
View Item |