PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUKASI FILM PENDEK “CEGAH OBESITAS DENGAN CERDIK” TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA

Annisa Endah Dwi Kurnia, AEDK (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUKASI FILM PENDEK “CEGAH OBESITAS DENGAN CERDIK” TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (790kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (388kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (289kB)
[img] Text
8. References.pdf

Download (397kB)
[img] Text
9. Appendics.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Data Riskesdas tahun 2018 menunjukkan bahwa prevalensi remaja obesitas di Kabupaten Kebumen lebih tinggi dari rata-rata obesitas menurut Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Melalui penyuluhan diharapkan sikap remaja berubah menjadi lebih peduli terhadap kesehatannya untuk menghindari obesitas. Tujuan Penelitian: Menganalisis pengaruh penggunaan media film pendek “Cegah Obesitas dengan CERDIK terhadap efektifitas peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan obesitas. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian eksperimental semu (quasi experiment). Penelitian menggunakan “non equivalent control group design”. Dalam penelitian ini terdapat kelompok perlakuan dengan jumlah sampel 26 orang dan kelompok control sebanyak 27 orang. Kelompok perlakuan diberikan penyuluhan gizi dengan media film pendek “Cegah Obesitas dengan CERDIK”. Kelompok kontrol diberikan penyuluhan gizi dengan media leaflet. Penelitian ini diawali dengan pretest lalu diberikan penyuluhan, setelah itu diberikan posttest. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil Penelitian: Ada perbedaan yang signifikan peningkatan nilai pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan obesitas menggunakan media film pendek dan leaflet, dibuktikan dengan nilai p-value pengetahuan=0,036 (p<0,05) dan p-value sikap=0,043 (p<0,05). Kesimpulan: Ada pengaruh penyuluhan dengan media film pendek “Cegah Obesitas dengan CERDIK” terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan obesitas dengan gaya hidup sehat. Penyuluhan dengan media film pendek “Cegah Obesitas dengan CERDIK” lebih efektif dibandingkan dengan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja. Kata Kunci: Film Pendek, Obesitas, leaflet, penyuluhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:42
Last Modified: 02 Nov 2023 02:42
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13613

Actions (login required)

View Item View Item