PENGARUH VIDEO “Canting” TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN STUNTING PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS TURI TAHUN 2022

Kadarsih, Nani (2022) PENGARUH VIDEO “Canting” TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN STUNTING PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS TURI TAHUN 2022. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (COVER)
a. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstract.pdf

Download (363kB)
[img] Text
c. Chapter 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
d. Chapter 2.pdf

Download (647kB)
[img] Text
e. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
f. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
g. Conclusion.pdf

Download (260kB)
[img] Text
h. References.pdf

Download (269kB)
[img] Text
i. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Stunting adalah masalah gizi kronis pada balita yang ditandai dengan tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak seusianya. Hasil Rakornas Stunting 2021, isu stunting masih menjadi tantangan besar yang dihadapi Pemerintah Indonesia, terutama di masa pandemi ini. Pemerintah menargetkan prevalensi stunting pada tahun 2024 turun 14%. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh video “canting” terhadap peniingkatan pengetahuan tentang pencegahan stunting pada ibu hamil di Puskesmas Turi tahun 2022 Metode: Penelitian ini merupakan penelitianQuasy Eksperiment. Desain penelitian eksperimen merupakan penelitian dengan ada perlakuan semu atau intervensi. Penghitungan sampel menggunakan rumus Lameshow dengan jumlah total sampe 48 sampel. Pengambilan sampel probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan memperhatikan kriterian inklusi dan eksklusi. Analisa penelitian dilakukan dengan uji normalitas kemudian dilakukan uji wilxocon dan mann whitney. Hasil: Hasil pengolahan data menunjukan responden eksperimen dan kontrol sebagian besar berumur 20-35 th yaitu sebanyak 91,7%, Pendidikan terakhir responden terbanyak adalah pendidikan tinggi, yaitu 91,7%. Pekerjaan terbanyak adalah bekerja 54,8%, Paritas responden terbanyak adalah primipara sebanyak 62,5%. Hasil dari nilai rerata antara kelompok eksperimen dan kontrol terjadi kenaikan rerata 33,92 dan 15,02 p value 0,000. Kesimpulan: Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan setelah ibu hamil trimester I mendapatkan video “Canting”. Kata Kunci: Karakteristik Ibu hamil, Stunting, Video “Canting”.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:39
Last Modified: 15 Sep 2022 03:39
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

View Item View Item