Rosmaliasari, Wulan Tri (2025) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS 3 BANGSAL BEDAH TERHADAP CITA RASA LAUK HEWANI DAN NABATI DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text (Awal)
1. AWAL.pdf Download (1MB) |
Text (Abstrack)
2. ABSTRACK.pdf Download (173kB) |
Text (Chapter 1)
3. CHAPTER 1.pdf Download (266kB) |
Text (Chapter 2)
4. CHAPTER 2.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
Text (Chapter 3)
5. CHAPTER 3.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
Text (Chapter 4)
6. CHAPTER 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Text (Conclusion)
7. CONCLUSION.pdf Download (205kB) |
Text (References)
8. REFERENCES.pdf Download (170kB) |
Text (Appendices)
9. APPENDICES.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
Text (Wulan Tri Rosmaliasari_P07131122052)
WULAN TRI ROSMALIASARI_P07131122052.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Kepuasan pasien merupakan cerminan dari perasaan yang timbul setelah membandingkan antara harapan dengan kenyataan yang diterima, terutama dalam hal pelayanan yang diberikan. Bagi pasien rawat inap di rumah sakit, salah satu aspek penting yang memengaruhi kepuasan adalah pelayanan makanan. Faktor-faktor seperti ketepatan waktu penyajian, sikap dan penampilan petugas, cita rasa makanan, variasi menu, hingga kebersihan serta kelengkapan alat makan, menjadi penentu utama dalam membentuk persepsi pasien terhadap kualitas layanan tersebut. Apabila aspek-aspek ini tidak terpenuhi dengan baik, maka besar kemungkinan pasien merasa kurang puas. Ketidakpuasan ini bisa berdampak pada penilaian umum terhadap pelayanan rumah sakit secara keseluruhan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap cita rasa dan tampilan lauk hewani serta lauk nabati yang disajikan selama masa perawatan di rumah sakit. Metode : Penelitian ini merupakan studi observasional dengan desain cross-sectional. Sampel berupa lauk hewani dan lauk nabati yang disajikan di RSUD Panembahan Senopati, dengan melibatkan 16 pasien sebagai responden. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan kuesioner dengan skala penilaian kepuasan mencakup aspek warna, bentuk, besar porsi, rasa, aroma, tekstur, tingkat kematangan, dan suhu. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan aspek rasa lauk hewani dinilai puas oleh 92% pasien, sedangkan aspek bentuk hanya 74%. Pada aspek tekstur lauk nabati 97% pasien, sedangkan aspek warna hanya 68%. Secara umum, sebagian besar pasien merasa puas terhadap berbagai aspek Cita Rasa baik pada lauk hewani maupun lauk nabati yang disajikan Kesimpulan : Tingkat kepuasan pasien terhadap rasa lauk nabati yaitu 67% puas, dan terhadap penampilan lauk nabati yaitu 66% pasien puas. Tingkat kepuasan pasien terhadap rasa lauk hewani yaitu 67% puas, dan terhadap penampilan lauk hewani yaitu 67% pasien puas. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Cita Rasa, Lauk Hewani, Lauk Nabati
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Tingkat Kepuasan, Cita Rasa, Lauk Hewani, Lauk Nabati |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 09:46 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/20206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |