Nuhaa, Maheswari Valeda (2025) PENGARUH MEDIA “BOTAGI” TERHADAP PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PERAWATAN KARIES GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
Awal.pdf Download (835kB) |
Text
Abstract.pdf Download (292kB) |
Text
Chapter 1.pdf Download (346kB) |
Text
Chapter 2.pdf Download (339kB) |
Text
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
Text
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
Text
Conclusion.pdf Download (322kB) |
Text
References.pdf Download (302kB) |
Text
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI), persentase angka kejadian karies gigi sebanyak 62,6% dan angka ditumpat karena berlubang sebesar 3,2% terjadi pada anak usia 5-9 tahun serta angka kejadian karies sebesar 48,8% dan angka ditumpat karena berlubang 2,8% di usia 10-14 tahun. Hasil studi pendahuluan di SD Negeri Jomblangan menunjukkan bahwa 60% siswa belum memahami perawatan gigi dan 80% belum memiliki motivasi merawat gigi. Tujuan : Diketahuinya pengaruh media “BOTAGI” terhadap pengetahuan dan motivasi perawatan karies gigi pada siswa sekolah dasar. Metode : Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa sekolah dasar SDN Jomblangan dengan sampel sebesar 78 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian ini, yaitu media “BOTAGI” sebagai variabel bebas serta pengetahuan dan motivasi perawatan karies gigi sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pretest-posttest. Hasil : Pengetahuan awal kelompok eksperimen pada kriteria baik sebanyak 22 (56,4%), dan pengetahuan akhir meningkat dalam kategori baik sebanyak 28 (71,6%). Motivasi awal kelompok eksperimen pada kriteria sedang sebanyak 20 (51,3%), dan motivasi akhir meningkat menjadi tinggi sebanyak 28 (71,8%). Hasil uji Mann Whitney p=0.022 dan uji Wilcoxon p=0.004 pada variabel pengetahuan serta uji Independent p=0.045 dan uji Paired p=0.008 pada variabel motivasi. Kesimpulan: Ada pengaruh pada penggunaan media “BOTAGI” terhadap pengetahuan dan motivasi perawatan karies gigi pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Karies, media, motivasi, pengetahuan, siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Kata Kunci/Keyword Abstrak: | Karies, media, motivasi, pengetahuan, siswa |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyogya |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:43 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:43 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |