Ibthisamah, Sahda (2025) EFEKTIVITAS PERMAINAN CAVITY BUSTERS (C-BUS) TERHADAP PENGETAHUAN KARIES DAN MOTIVASI PERAWATAN KONSERVASI REMAJA AWAL. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Text
Awal.pdf

Download (826kB)
Text
Abstrak.pdf

Download (132kB)
Text
Chapter 1.pdf

Download (124kB)
Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
Text
Conclusion.pdf

Download (89kB)
Text
References.pdf

Download (119kB)
Text
Appedinces.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Prevalensi karies gigi di Indonesia masih tinggi, termasuk pada remaja awal, dengan angka mencapai 80.6% di daerah pedesaan Sleman. Rendahnya pengetahuan dan motivasi terhadap perawatan konservasi gigi menjadi tantangan. Cavity Busters (C-BUS) adalah permainan edukatif berbasis papan (board game) yang dirancang untuk menyampaikan informasi tentang karies dan perawatan gigi secara interaktif dan menyenangkan, guna meningkatkan kesadaran dan motivasi remaja awal. Tujuan : Diketahuinya efektivitas edukasi menggunakan permainan Cavity Busters (C-Bus) terhadap pengetahuan karies gigi dan motivasi perawatan konservasi pada remaja awal. Metode : Penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest with control group. Sampel terdiri dari 83 siswa SMP IT Bina Umat, dibagi menjadi kelompok eksperimen (42 siswa) dan kelompok kontrol (41 siswa) dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan dan motivasi. Analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon dan Paired T-Test untuk melihat efektivitas edukasi melalui permainan Cavity Busters (C-BUS), serta uji Mann Whitney untuk membandingkan kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil : Terdapat peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen dari 54,8% menjadi 59,5%, sedangkan kelompok kontrol mengalami penurunan dari 56,1% menjadi 53,7%. Motivasi tinggi pada kelompok eksperimen meningkat dari 21,4% menjadi 28,6%. Uji Wilcoxon dan Paired T-Test menunjukkan hasil signifikan (p=0,000). Uji Mann Whitney menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok (pengetahuan p=0,024; motivasi p=0,017). Kesimpulan : Permainan Cavity Busters (C-Bus) efektif dalam meningkatkan pengetahuan karies dan motivasi perawatan konservasi pada remaja awal. Kata Kunci : Cavity Busters (C-Bus), pengetahuan, motivasi, karies gigi, konservasi gigi, remaja awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Kata Kunci/Keyword Abstrak: Cavity Busters (C-Bus), pengetahuan, motivasi, karies gigi, konservasi gigi, remaja awal.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:06
Last Modified: 08 Sep 2025 04:06
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item