Zulkarnaen, Arinal Zulfa (2025) ANALISIS PENYEBAB PENDING KLAIM BERKAS BPJS KESEHATAN PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
Awal.pdf

Download (537kB)
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (331kB)
[img] Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf

Download (380kB)
[img] Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf

Download (199kB)
[img] Text (References)
References.pdf

Download (240kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: BPJS Kesehatan memiliki tanggung jawab untuk membiayai atau membayarkan pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan program jaminan sosial yang melibatkan proses pengajuan dan verifikasi klaim. Klaim yang tidak memenuhi persyaratan dapat menyebabkan pending klaim dan dapat mempengaruhi aliran kas rumah sakit. Masalah tersebut masih terjadi di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alur klaim BPJS, mengetahui penyebab pending klaim BPJS Kesehatan pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul berdasarkan aspek medis, koding, administrasi, dan faktor 5M, serta mengetahui upaya penanganan yang dilakukan Rumah Sakit Nur Hidayah. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi dengan checklist observasi, studi dokumentasi dengan checklist dokumentasi, dan wawancara menggunakan pedoman wawancara terhadap petugas koder, pemberkasan, verifikator internal, dan koordinator casemix. Sampel berupa 100 berkas pending klaim tahun 2024. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa alur pengajuan klaim sudah sesuai dengan SPO di Rumah Sakit Nur Hidayah. Penyebab utama pending klaim di Rumah Sakit Nur Hidayah berasal dari aspek medis (49%), aspek administrasi (28%), dan aspek koding (23%). Berdasarkan unsur 5M, faktor money menjadi penyebab utama. Rumah sakit melakukan upaya penanganan berupa evaluasi dan koordinasi berupa double crosscheck. Kesimpulan: Alur pengajuan klaim sudah sesuai dengan SPO yang ditetapkan. Penyebab utama pending klaim adalah aspek medis pada indikasi rawat inap pasien, dan faktor money karena tidak ada alokasi dana untuk pelatihan petugas dan maintenance berkala. Upaya yang dilakukan rumah sakit yaitu evaluasi dan koordinasi berupa double crosscheck. Kata Kunci: Pending klaim, BPJS Kesehatan, Rawat Inap, Rumah Sakit Nur Hidayah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Kata Kunci/Keyword Abstrak: Pending klaim, BPJS Kesehatan, Rawat Inap, Rumah Sakit Nur Hidayah.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyogya
Date Deposited: 07 Jul 2025 05:09
Last Modified: 07 Jul 2025 05:09
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/19243

Actions (login required)

View Item View Item