Khoirurriza, Sekar Satiti (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUKASI AUDIO-VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SMA ALI MAKSUM TENTANG DAMPAK PERNIKAHAN DINI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
There is a more recent version of this item available. |
Text
Awal.pdf Download (449kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (157kB) |
|
Text
Chapter1.pdf Download (400kB) |
|
Text
Chapter2.pdf Download (448kB) |
|
Text
Chapter3.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
Text
Chapter4.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
Conclusion.pdf Download (151kB) |
|
Text
References.pdf Download (276kB) |
|
Text
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Salah satu penyebab terjadinya pernikahan dini adalah kurangnya pengetahuan mengenai dampak pernikahan dini. Memberikan edukasi mengenai dampak pernikahan dini adalah bentuk pencegahan yang dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan mengenai dampak pernikahan dini. Media yang dapat digunakan dalam proses peningkatan pengetahuan yaitu menggunakan media edukasi audio-visual. Tujuan: Mengetahui pengaruh penggunaan media edukasi audio-visual terhadap tingkat pengetahuan siswa SMA Ali Maksum tentang dampak pernikahan dini. Metode: Penelitian ini adalah pre-eksperiment dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Ali Maksum berjumlah 318 siswa. Sampel dengan jumlah 96 responden dipilih dengan accidental sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji wilcoxon. Hasil: Responden yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 49 dan perempuan 47 siswa. Sebanyak 33,3% responden belum pernah mendapatkan sumber informasi tentang dampak pernikahan dini. Rata-rata skor pengetahuan dampak pernikahan dini sebelum pemberian edukasi adalah 73,91 dan rata-rata skor setelah pemberian edukasi adalah 80,85. Tingkat pengetahuan sebelum diberikan edukasi kategori terbanyak adalah baik dan kategori kurang sebanyak 7 responden dan tingkat pengetahuan setelah diberikan edukasi sebagian besar responden berkategori baik dan kategori kurang hanya tersisa 1 responden. Penelitian ini memiliki Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 maka hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna penggunaan media edukasi audio-visual terhadap tingkat pengetahuan (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat pengaruh penggunaan media edukasi audio-visual terhadap tingkat pengetahuan siswa SMA Ali Maksum tentang dampak pernikahan dini. Kata kunci : media audio-visual, pengetahuan, pernikahan dini
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 02:23 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 02:23 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/9727 |
Available Versions of this Item
- PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUKASI AUDIO-VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SMA ALI MAKSUM TENTANG DAMPAK PERNIKAHAN DINI. (deposited 20 Dec 2023 02:23) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |