PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Setyawati, Nur Septi and Siti Sulastri, Siti Sulastri and Siti Sulastri, Siti Sulastri (2019) PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. UNSPECIFIED.

[img] Text
text.pdf

Download (1MB)
Official URL: http:/poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Komik merupakan suatu media komunikasi visual, komik dapat diterapkan sebagai alat bantu pendidikan dan mampu menyampaikan informasi secara efektif dan efisien. Komik memiliki peranan yang positif yaitu mengembangkan kebiasaan membaca. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi pada anak Sekolah Dasar. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Populasinya adalah siswa kelas III dan IV SD Negeri Karangmojo, Bantul. Sampel berjumlah 60 siswa dengan usia 9-11 tahun, 30 siswa dimasukkan ke dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan penyuluhan dengan media komik dan 30 siswa lainnya masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang diberikan penyuluhan dengan media cerita pendek. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann-Whitney Test. Hasil Penelitian: Presentase selisih tingkat pengetahuan menyikat gigi dengan kategori baik pada kelompok eksperimen adalah 16,67% dan kelompok kontrol 6,7%, dengan analisis pretest dan posttest menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan kedua kelompok memiliki perbedaan yang bermakna dengan nilai p=0,00 (p<0,05). Analisis Mann-Whitney menunjukkan bahwa mean rank kelompok eksperimen 36,40 > 24,60 pada kelompok kontrol. Kesimpulan: Ada pengaruh media komik terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: > Jurusan
Depositing User: analis
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:54
Last Modified: 25 Apr 2019 05:14
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item