Naris Dyah Prasetyawati, ndp and Sigid Sudaryanto, ss and Sarifah Sya’diyah, ss PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PHBS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PHBS DAN KEAKTIFAN SEBAGAI ANGGOTA TANGGAP BOCAH DI KECAMATAN SLEMAN. jurnal teknologi pendidikan. ISSN 2407-7437
Text (peer review)
Artikel 3.pdf Download (298kB) |
|
Text
Peer review 3_gabung.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul dan meningkatkan pemahaman serta keaktifan anak sebagai anggota Tanggap Bocah (TABO) di Kecamatan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang akan dihasilkan pada penelitian ini yaitu modul PHBS. Desain penelitian lanjutan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pre test post pest with control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak anggota TABO dengan jumlah 30 orang per kelompok. Dalam penelitian ini akan dibagi dalam dua kelompok, yaitu Kelompok A dan B. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Pandowoharjo Kecamatan Sleman. Hasil dan Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu Modul PHBS ini termasuk kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 3, 36; Ada pengaruh pemberian modul PHBS terhadap tingkat pemahaman anggota TABO dengan sig α 0,000 dimana sebanyak 43% responden mengalami kenaikan tingkat pemahaman; Ada pengaruh pemberian modul PHBS terhadap tingkat keaktifan anggota TABO dengan sig α 0,000 dimana sebanyak 60% responden mengalami kenaikan tingkat keaktifan. Kata Kunci: modul pembelajaran, PHBS, keaktifan, anggota tanggap bocah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan |
Depositing User: | editor ed |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:54 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:07 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/7429 |
Actions (login required)
View Item |