Iin Purwaningsih (2021) PENGARUH KELAS IBU BALITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS SLEMAN. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Text
Awal.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (100kB) |
|
Text
Chapter 1.pdf Download (612kB) |
|
Text
Chapter 2.pdf Download (384kB) |
|
Text
Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text
Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text
Conclusion.pdf Download (181kB) |
|
Text
References.pdf Download (291kB) |
|
Text
Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) |
Abstract
Latar Belakang: Cakupan ASI ekslusif di Puskesmas Sleman pada tahun 2019 sebesar 52.70%. Pemerintah melakukan upaya peningkatan kesehatan anak melalui berbagai program, salah satunya melalui penyelenggaraan kelas ibu balita. Tujuan: Mengetahui pengaruh kelas ibu balita terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI ekslusif pada ibu bayi usia 0-1 tahun di wilayah Puskesmas Sleman Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki bayi umur 0-1 tahun di wilayah kerja Puskesmas Sleman. Sampel berjumlah 60 ibu. Analisis data menggunakan paired t-test. Variabel Independen penelitian ini adalah kelas ibu balita. Variabel dependent penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap tentang ASI ekslusif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil: Selisih perbedaan rata-rata pengetahuan responden berdasarkan kelompok yang mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu adalah 9,05 (p-value=0,024) dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata peningkatan pengetahuan yang bermakna antara kelompok mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu. Selisih perbedaan rata-rata sikap responden berdasarkan kelompok yang mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu adalah 0,53 (p-value=0,462) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata peningkatan sikap yang bermakna antara kelompok mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu. Kesimpulan: Intervensi kelas ibu berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tentang ASI eksklusif, tetapi tidak berpengaruh terhadap peningkatan sikap tentang ASI eksklusif. Kata Kunci: kelas ibu, ASI eksklusif, pengetahuan, sikap.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan |
Depositing User: | Mahasiswa Polkesyo |
Date Deposited: | 05 Jul 2021 04:15 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 09:08 |
URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/5840 |
Actions (login required)
View Item |