Iin Purwaningsih (2021) PENGARUH KELAS IBU BALITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS SLEMAN. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (612kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (181kB)
[img] Text
References.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Cakupan ASI ekslusif di Puskesmas Sleman pada tahun 2019 sebesar 52.70%. Pemerintah melakukan upaya peningkatan kesehatan anak melalui berbagai program, salah satunya melalui penyelenggaraan kelas ibu balita. Tujuan: Mengetahui pengaruh kelas ibu balita terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI ekslusif pada ibu bayi usia 0-1 tahun di wilayah Puskesmas Sleman Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki bayi umur 0-1 tahun di wilayah kerja Puskesmas Sleman. Sampel berjumlah 60 ibu. Analisis data menggunakan paired t-test. Variabel Independen penelitian ini adalah kelas ibu balita. Variabel dependent penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap tentang ASI ekslusif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil: Selisih perbedaan rata-rata pengetahuan responden berdasarkan kelompok yang mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu adalah 9,05 (p-value=0,024) dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata peningkatan pengetahuan yang bermakna antara kelompok mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu. Selisih perbedaan rata-rata sikap responden berdasarkan kelompok yang mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu adalah 0,53 (p-value=0,462) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata peningkatan sikap yang bermakna antara kelompok mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu. Kesimpulan: Intervensi kelas ibu berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tentang ASI eksklusif, tetapi tidak berpengaruh terhadap peningkatan sikap tentang ASI eksklusif. Kata Kunci: kelas ibu, ASI eksklusif, pengetahuan, sikap.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:15
Last Modified: 01 Oct 2021 09:08
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/5840

Actions (login required)

View Item View Item