Iin Purwaningsih (2021) PENGARUH KELAS IBU BALITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS SLEMAN. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
| 
              
Text
 Awal.pdf Download (1MB)  | 
          
| 
              
Text
 Abstract.pdf Download (100kB)  | 
          
| 
              
Text
 Chapter 1.pdf Download (612kB)  | 
          
| 
              
Text
 Chapter 2.pdf Download (384kB)  | 
          
| 
              
Text
 Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB)  | 
          
| 
              
Text
 Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB)  | 
          
| 
              
Text
 Conclusion.pdf Download (181kB)  | 
          
| 
              
Text
 References.pdf Download (291kB)  | 
          
| 
              
Text
 Appendices.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB)  | 
          
Abstract
Latar Belakang: Cakupan ASI ekslusif di Puskesmas Sleman pada tahun 2019 sebesar 52.70%. Pemerintah melakukan upaya peningkatan kesehatan anak melalui berbagai program, salah satunya melalui penyelenggaraan kelas ibu balita. Tujuan: Mengetahui pengaruh kelas ibu balita terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI ekslusif pada ibu bayi usia 0-1 tahun di wilayah Puskesmas Sleman Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki bayi umur 0-1 tahun di wilayah kerja Puskesmas Sleman. Sampel berjumlah 60 ibu. Analisis data menggunakan paired t-test. Variabel Independen penelitian ini adalah kelas ibu balita. Variabel dependent penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap tentang ASI ekslusif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil: Selisih perbedaan rata-rata pengetahuan responden berdasarkan kelompok yang mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu adalah 9,05 (p-value=0,024) dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata peningkatan pengetahuan yang bermakna antara kelompok mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu. Selisih perbedaan rata-rata sikap responden berdasarkan kelompok yang mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu adalah 0,53 (p-value=0,462) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata peningkatan sikap yang bermakna antara kelompok mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu. Kesimpulan: Intervensi kelas ibu berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tentang ASI eksklusif, tetapi tidak berpengaruh terhadap peningkatan sikap tentang ASI eksklusif. Kata Kunci: kelas ibu, ASI eksklusif, pengetahuan, sikap.
| Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing | 
| Divisions: | Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan | 
| Depositing User: | Users 30 not found. | 
| Date Deposited: | 05 Jul 2021 04:15 | 
| Last Modified: | 01 Oct 2021 09:08 | 
| URI: | http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/5840 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
