PEMETAAN SEBARAN PAPARAN KEBISINGAN PADA JARAK TERTENTU DARI LANDASAN BANDARA ADISUTJIPTO

Fauziyah Ramadhanti (2020) PEMETAAN SEBARAN PAPARAN KEBISINGAN PADA JARAK TERTENTU DARI LANDASAN BANDARA ADISUTJIPTO. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (657kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf

Download (275kB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
CONCLUSION.pdf

Download (292kB)
[img] Text
REFERENCE.pdf

Download (191kB)
[img] Text
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
Official URL: http:/poltekkesjogja.ac.id

Abstract

PEMETAAN SEBARAN PAPARAN KEBISINGAN PADA JARAK TERTENTU DARI LANDASAN BANDARA ADISUTJIPTO Fauziyah Ramadhanti1, Sri Muryani2, Mohamad Mirza Fauzie3 1,2,3 Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman email : fau.dhantika22@gmail.com, muryanisri63@gmail.com, mmfauzie@gmail.com INTISARI Bandar udara yang aktif diiringi peningkatan frekuensi penerbangan pesawat udara dapat menimbulkan dampak negatif. salahsatu dampak tersebut abila diluar wilayah bandara dikelilingi oleh pemukiman penduduk, dimana penduduk yang bermukim pada lokasi tersebut akan menerima efek dari kebisingan dari sumber aktifitas pesawat mendarat atau lepas landas. Tujuan pada penelitian untuk mengetahui pemetaan tingkat kebisingan di sekitar Bandara Udara Adisutjipto pada titik tertentu dengan radius dan jarak aman pemukiman dengan sumber bising. Metode dalam penelitian ini mencakup metode survei (observasi) dengan melakukan pengukuran dan identifikasi. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2020. Obyek dalam penelitian ini adalah lingkungan pemukiman di sekitar Bandara Adisutjipto dengan 12 sampel dan titik koordinat pada peta persebaran. Tingkat kebisingan diukur menggunakan instrumen Sound Level Meter TFA Dotsmann. Hasil yang diperoleh berupa peta sebaran paparan kebisingan yang dibuat menggunakan titik koordinat didapatkan jarak 1,5 km hingga 1,7 km dari sumber kebisingan merupakan lingkungan dengan kebisingan tinggi dan tidak memenuhi NAB. Nilai kebisingan yang didapatkan berkisar 56 – 58 dB(A) untuk lingkungan pemukiman yang satu arah dengan landasan pacu, dan 57 – 75 dB(A) untuk lingkungan pemukiman yang sejajar dengan landasan pacu. Kesimpulan penelitian jarak aman lingkungan perumahan terhadap landasan yang tingkat kebisingan memenuhi syarat berdasarkan pengukuran maka jarak lebih dari 1,8 km dari titik tengah landasan pacu bandar udara. Kata Kunci : kebisingan, pemetaan, radius, pesawat terbang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 10 Jun 2021 05:03
Last Modified: 10 Sep 2021 07:59
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item