PENYULUHAN TENTANG PLAK MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK TUNARUNGU Review Literatur)

Isyana Hilda Andriani (2020) PENYULUHAN TENTANG PLAK MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK TUNARUNGU Review Literatur). ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1 Awal.doc.pdf

Download (756kB)
[img] Text
2 Abstract.doc.pdf

Download (199kB)
[img] Text
3 Chapter1.doc.pdf

Download (219kB)
[img] Text
4 Chapter2.doc.pdf

Download (182kB)
[img] Text
5 Chapter3.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
6 Chapter4.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
7 Conclusion.doc.pdf

Download (93kB)
[img] Text
8 References.doc.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9 Appendices.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Studi pendahuluan yang dilakukan pada anak tunarungu didapatkan hasil bahwa anak tunarungu tidak mengetahui tentang plak dan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, oleh karena itu diperlukannya suatu media secara visual untuk menyampaikan pesan kesehatan. Media permainan puzzle dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan kesehatan tentang plak yang berpengaruh dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada tunarungu. Tujuan Penelitian: Diketahui bagaimana pengetahuan tentang plak sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan media permainan puzzle pada anak tunarungu. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian review literatur. Sumber data pada penelitian review literatur menggunakan database E-resources Perpustakaan Nasional, Garuda (Garba Rujukan Digital) dan Google Schoolar yang diterbitkan/dipublikasikan pada tahun 2015 s.d. 2020. Hasil: Dari hasil data review literatur media permainan puzzle dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan suatu pesan ditunjukkan dengan pengetahuan anak sebelum diberikan perlakuan menggunakan media permainan puzzle (pretest) dan menjadi meningkat sesudah diberikan perlakuan menggunakan media permainan puzzle (posttest), karena dalam menyusun puzzle anak dituntut untuk mengingat susunan gambar dan tulisan, sehingga secara otomatis anak akan mengulang mengingat materi terus menerus untuk menyusun gambar yang utuh dan materi dapat diserap oleh otak lebih banyak sehingga akan meningkatkan pengetahuan tentang plak pada anak tunarungu. Kesimpulan: Berdasarkan analisa peneliti dapat disimpulkan pengetahuan tentang plak pada anak tunarungu sebelum diberikan penyuluhan menjadi meningkat sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan media permainan puzzle. Kata Kunci: Media permainan puzzle, Plak, Anak tunarungu

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Keperawatan Gigi > Program Studi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:42
Last Modified: 10 Sep 2021 07:56
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item